6 Cara Membangun Percaya Diri Anak, Dicoba Ya Bun!

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 612 2404752 6-cara-membangun-percaya-diri-anak-dicoba-ya-bun-xyx2zFLlmH.jpg Anak (Foto: Freepik)

Percaya diri yang sehat adalah salah satu karakteristik terpenting dari perkembangan anak yang sehat. Faktanya, kesehatan sosial, perilaku, dan emosional anak akan memainkan peran penting dalam cara mereka menangani kemunduran, tekanan teman sebaya, dan tantangan lain.

Percaya diri yang positif juga merupakan faktor pelindung untuk kesehatan mental yang baik. Memupuk kepercayaan diri berkontribusi pada perilaku sosial yang positif dan berfungsi sebagai penyangga ketika anak anda terkena dampak situasi negatif.

Dilansir dari Very Well Family, berikut adalah beberapa cara kecil namun penting yang dapat Anda lakukan untuk memengaruhi percaya diri anak anda secara positif setiap hari.

 membangun percaya diri anak

1. Pahami percaya diri yang sehat

Percaya diri pada dasarnya adalah bagaimana anak-anak melihat diri mereka sendiri, termasuk apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka untuk melakukan sesuatu. Itu juga dibentuk oleh seberapa besar mereka merasa dicintai, dan seberapa besar dukungan dan dorongan (atau kritik) yang mereka terima dari orang-orang penting dalam hidup mereka, seperti orang tua dan guru. Seimbangkanlah harga diri anak Anda dengan hal penting lainnya seperti memiliki empati, bersikap baik, sopan santun, dermawan, dan memiliki rasa syukur.

2. Menunjukkan cinta tanpa syarat setiap hari

Mengetahui betapa Anda mencintai mereka, memberi rasa aman dan memberi mereka pandangan penting tentang diri mereka sendiri. Cinta tanpa syarat Anda menjadi dasar untuk semua hubungan yang sehat dan kuat yang akan mereka bentuk di kemudian hari.

3. Bermain bersama dan bersenang-senang

Saat Anda bermain dengan anak anda, menunjukkan kepada mereka bahwa anda suka menghabiskan waktu bersama mereka dan menghargai kehadiran mereka. Hanya bersenang-senang dengan anak Anda memiliki banyak manfaat bagi anda berdua. Penelitian menunjukkan peluang anak untuk bahagia meningkat dan risiko depresi serta kecemasan mereka menurun ketika anak-anak terlibat dalam permainan bersama orangtua.

4. Beri anak Anda tanggung jawab dan tugas

Bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaan rumah mereka membuat anak anda memiliki tujuan dan pencapaian. Meskipun mereka tidak melakukan sesuatu dengan sempurna, beri tahu mereka bahwa anda menghargai upaya mereka. Puji mereka atas semua hal yang mereka lakukan dengan baik, dan yakinkan mereka bahwa seiring waktu, mereka akan menjadi lebih baik dalam banyak hal, termasuk tugas-tugas mereka.

5. Mendorong kemandirian

Tahun-tahun sekolah dasar adalah masa kemandirian yang tumbuh dengan cepat pada anak-anak. Pada saat mereka mencapai usia sekolah menengah, banyak anak mulai menghabiskan waktu sendirian di rumah, berjalan sendiri ke sekolah, dan membantu adik-adiknya.

Penting bagi Anda untuk mendorong anak-anak anda tumbuh semakin mandiri, membiarkan mereka mencari cara untuk berbicara dengan guru tentang masalah mereka sendiri, mengatur tugas pekerjaan rumah, memastikan seragam sepak bola mereka sudah dikemas dan siap, dan sebagainya.

6. Biarkan mereka berkreasi dan memamerkan pekerjaannya

Biarkan anak Anda memajang hasil karyanya di sekitar rumah. Saat mereka membuat karya seni, menulis cerita, atau menyusun proyek untuk sekolah, dekati anak anda untuk bercerita tentang pekerjaan mereka. Tanyakan apa yang mereka ingin orang pikirkan atau rasakan dan apa yang paling mereka sukai dari ciptaan mereka.

Memberi anak-anak kesempatan untuk memamerkan apa yang mereka buat atau untuk membicarakan hal-hal yang mereka ciptakan membuat mereka tahu bahwa kerja keras mereka layak untuk diperhatikan dan dihargai. Itu juga mengomunikasikan bahwa pendapat dan pemikiran mereka penting.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini