Sikap Skeptis Ternyata Ampuh Tangkal Hoaks, Ini Penjelasannya

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 612 2404770 sikap-skeptis-ternyata-ampuh-tangkal-hoaks-ini-penjelasannya-tn23zH7vLX.jpg Ilustrasi hoaks. (Foto: Okezone)

INFORMASI bohong atau hoaks adalah sesuatu yang negatif dan masih sering beredar di linimasa dunia maya. Banyak juga masyarakat yang termakan oleh hoaks.

Hoaks terakhir yang ramai dibicarakan di jagat internet adalah penemuan babi ngepet di Kota Depok, Jawa Barat. Belakangan, hoaks tersebut diketahui disebarkan oleh seorang pria demi mendongkrak popularitasnya.

Baca juga: Penyesalan Adam Ibrahim, Rekayasa Hoaks Babi Ngepet demi Ketenaran Berujung Penjara 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan supaya terhindar dari hoaks adalah menumbuhkan sikap skeptis dalam diri.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skeptis berarti kurang percaya atau ragu-ragu terhadap keberhasilan ajaran dan sebagainya.

Kurangnya sikap skeptis dalam diri maka makin banyak hoaks yang akan menyerang. Sebab, segala informasi akan diterima dan ditelan secara utuh.

Ilustrasi hoaks. (Foto: Freepik)

"Bahkan disebarkan kembali tanpa periksa ulang kebenarannya atau disaring terlebih dahulu," jelas Kementerian Komunikasi dan Informatika, seperti dikutip dari akun Twitter-nya @kemkominfo, Senin (3/5/2021).

Ada beberapa cara untuk menumbuhkan sikap skeptis dalam diri. Pertama, tumbuhkan rasa selalu ingin tahu atau kepo terhadap informasi yang sedang heboh dan diterima.

Kedua, tidak mudah percaya terhadap informasi yang diterima, dan selalu mawas diri saat ingin menyebarkan kembali informasi tersebut.

Baca juga: Menkominfo: Ada 1556 Hoaks tentang Covid-19 

Ketiga, biasakan selalu memeriksa kembali setiap informasi yang didapat pada sumber-sumber yang terpercaya.

Jangan mudah biarkan diri sendiri dan lingkungan sekitar terpapar hoaks atau malah menimbulkan kerugian. Bersikaplah skeptis terhadap setiap informasi yang diterima dan jangan keburu gatal membagikannya lagi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini