5 Manfaat Kesehatan Dark Chocolate, Bisa Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 298 2405425 5-manfaat-kesehatan-dark-chocolate-bisa-lindungi-kulit-dari-sinar-matahari-AyhGBm4r4f.jpg Ilustrasi dark chocolate atau cokelat hitam. (Foto: Racool Studio/Freepik)

BAGI para pencinta dark chocolate atau cokelat hitam patut bersyukur. Sebab, rasa manis dan pahit cokelat hitam ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Maka itu, konsumsi secara cukup dark chocolate.

Seperti dilansir laman Healthline, Selasa (4/5/2021), berikut manfaat kesehatan rajin mengonsumsi dark chocolate.

Baca juga: Peneliti Sebut Minum Cokelat Bisa Tingkatkan Kinerja Otak 

1. Mengandung banyak gizi

Cokelat hitam kaya serat, besi, magnesium, tembaga, mangan, dan beberapa mineral lainnya. Maka itu, cokelat hitam paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kandungan asam lemak kakao dalam cokelat hitam juga sangat baik. Sebagian besar lemak jenuh dan tak jenuh tunggal dengan sedikit lemak tak jenuh ganda.

Dark chocolate.

2. Kaya antioksidan

Cokelat hitam kaya akan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Ini termasuk polifenol, flavanol, dan katekin. Penelitian menunjukkan bahwa kakao dan cokelat hitam memiliki lebih banyak aktivitas antioksidan, polifenol, serta flavanol daripada buah lain, termasuk blueberry dan acai berry.

3. Menurunkan tekanan darah

Flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotel, lapisan arteri, untuk menghasilkan oksida nitrat (NO). Salah satu fungsi NO yakni mengirim sinyal ke arteri agar rileks yang dapat menurunkan resistensi terhadap aliran darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Tak Mau Asam Lambung Naik saat Puasa? Jangan Makan Cokelat 

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Cokelat hitam dapat meningkatkan beberapa faktor risiko penting penyakit jantung. Bubuk kakao dapat menurunkan kolesterol LDL teroksidasi pada pria. Lalu dapat meningkatkan HDL dan menurunkan LDL total bagi yang memiliki kolesterol tinggi.

5. Melindungi kulit dari sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam bagus untuk kulit. Flavonol dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, serta meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini