Makan Buah Ceri Ternyata Bisa Atasi Radang Sendi hingga Tingkatkan Kualitas Tidur

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 298 2405651 makan-buah-ceri-ternyata-bisa-atasi-radang-sendi-hingga-tingkatkan-kualitas-tidur-LkKxe3tstW.jpg Buah ceri. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

TIDAK disangka ternyata buah ceri memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Ini tentu menjadi nilai lebih di samping rasanya yang manis dan asam, kemudian enak dijadikan campuran makanan penutup.

Sebagaimana dilansir laman BBC Good Food, mengonsumsi 14 buah ceri setara dengan 1 dari 5 asupan porsi sehari. Buah ini juga kaya kandungan serat, vitamin, dan mineral; termasuk potasium, kalsium, serta asam folat.

Lantas, apa saja manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut penjelasannya. Yuk disimak.

Baca juga: Fakta-Fakta Diet Buah, Jangan Salah Menerapkannya Ya 

1. Mengurangi tekanan darah

Hasil penelitian dari British Journal of Nutrition menemukan jus ceri bisa mengurangi tekanan darah karena kandungan polifenolnya yang tinggi.

Buah ceri. (Foto: Xb100/Freepik)

2. Memulihkan tubuh setelah berolahraga

Hasil penelitian menunjukkan bahwa meminum jus ceri yang asam selama tujuh hari sebelum dan selama melakukan lari berat bisa meminimalisasi nyeri otot pasca-lari dan mempercepat pemulihan fungsi otot.

3. Mengurangi sakit asam urat

Meminum jus ceri selama dua hari bisa menurunkan risiko serangan asam urat. Selain itu, penelitian menyarankan untuk meminumnya selama empat bulan untuk mengurangi serangan akut. Berguna juga bagi yang sehat untuk menurunkan kadar asam urat pada darah.

Baca juga: Hidup Sehat, Raisa Ungkap Buah dan Sayuran yang Harus Ada di Dapurnya 

4. Meningkatkan kualitas tidur

Ceri asam tinggi akan fitokimia utama dan melatonin yang terlibat dalam pengaturan siklus tidur manusia. Jus ceri asam cocok bagi mereka yang memiliki masalah tidur, ingin meningkatkan kualitas dan durasi tidur, memiliki gangguan tidur, dan insomnia.

5. Mengurangi radang sendi

Ceri diperkaya antioksidan yang dikenal juga antosianin dan sianidin yang memiliki efek antiinflamasi. Antioksidan adalah senyawa penting untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah penelitian, senyawa ini bisa mengurangi radang sendi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini