Waktu Observasi Vaksin Covid-19 Tak Lagi 30 Menit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 481 2405329 waktu-observasi-vaksin-covid-19-tak-lagi-30-menit-eb5Qssz6tp.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Reuters)

Kementerian Kesehatan mengubah aturan durasi observasi setelah divaksin Covid-19. Ya, jika sebelumnya penerima vaksin harus 'stay' di area vaksinasi selama 30 menit, kini dipersingkat.

Ya, Kementerian Kesehatan mempersingkat waktu observasi dari yang semula minimal 30 menit, kini masa observasi bisa dilakukan sekitar 15-30 menit.

"Hal ini sejalan dengan rekomendasi dari ITAGI, Komnas Pengkajian dan Penanggulangan KIPI, serta merujuk dari sumber lain seperti WHO, US-CDC dan anggota NTAG," terang Kemenkes dalam laman Sehat Negeriku.

 Vaksin Covid-19

Disebutkan bahwa masa observasi selama 15 menit diperuntukkan bagi sasaran yang tidak memiliki riwayat alergi dan reaksi anafilaktik terhadap vaksin.

Sementara waktu observasi yang lebih lama yakni 30 menit diberlakukan untuk sasaran yang mengalami gejala klinis seperti reaksi yang timbul sebagai aktibat dari penyuntikan vaksin.

"Meski waktu obervasi dipersingkat, pada pelaksanaanya harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. Apabila ditemukan reaksi alergi, harus diinformasikan kepada petugas kesehatan di kartu vaksinasi. Keluarga juga harus bantu untuk memantau," kata Asik Surya, Koordinator Substansi Imunisasi.

Dengan pemangkasan waktu observasi tersebut, diharapkan kerumunan orang di area vaksinasi pun dapat diminimalisir. Hal ini semata-mata demi memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini