Kejar Target Vaksinasi Lansia, Layanan Drive Thru Harus Dimaksimalkan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 481 2405578 kejar-target-vaksinasi-lansia-layanan-drive-thru-harus-dimaksimalkan-IybftAdOKU.jpg Ilustrasi. (Foto: Koran Sindo)

TARGET vaksinasi nasional hingga akhir tahun ini menyasar 141,6 juta orang. Berbagai langkah strategi dilakukan pemerintah, begitu juga fasilitas kesehatan.

Direktur Utama Medikaloka Hermina dr Hasmoro optimistis program tersebut bisa selesai dengan tepat waktu. "Kegiatan vaksinasi ini harus didukung sampai selesai," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Mulai Januari 2021, tenaga kesehatan telah mendapatkan vaksin Covid-19. Kemudian ada juga layanan vaksin lansia drive thru, di Jakarta, seperti kawasan Kemayoran dan Cengkareng.

Baca Juga: Fakta-Fakta Diet Buah, Jangan Salah Menerapkannya Ya

vaksin

"Penyuntikan vaksin Covid-19 juga dilakukan bagi staf kementerian, Lembaga, pelayan publik, pedagang pasar dan awak media (difasilitasi oleh Kementerian Kominfo)," tuturnya.

Update vaksinasi Covid-19 di Indonesia per pukul 12.00 total sasaran vaksinasi sebanyak 40.349.099. Dengan rincian 1.468.764 SDM kesehatan, 17.327.167 petugas publik dan 21.553.118 lansia.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonowu menuturkan, bila ingin mengikuti vaksinasi drive thru syaratnya mudah. Anda tinggal melakukan registrasi di aplikasi kesehatan yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Di bulan Ramadan, kegiatan vaksinasi tetap dilaksanakan bahkan tak membatalkan puasa. Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 menyebtukan bahwa proses vaksinasi bisa dilakukan di siang hari pada saat umat Muslim menjalankan puasa.

"Vaksinasi tetap dilakukan baik untuk kalangan Muslim maupun non Muslim."

Sesudah mendaftar dan mendapatkan jadwal, Anda tinggal datang untuk vaksinasi dengan membawa dokumen KTP dan bukti registrasi.

"Kami sarankan lansia yang ingin divaksin datang dengan pendamping untuk mengantisipasi jikalau ada kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI)," kata Maxi.

Sebelum divaksinasi, Anda harus melalui sesi wawancara singkat seputar kesehatan oleh petugas. Setelah lolos, Anda mendapat suntikan dosis pertama, begitu juga dengan dosis kedua dengan jadwal yang telah ditentukan ulang.

Anda juga mendapatkan sertifikat vaksin resmi dari Kementerian Kesahatan, yang bisa dicek melalui SMS atau website pedulilindungi.

Vaksinasi berlangsung setiap hari, dengan jam operasional pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Selama pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Anda juga tetap disiplin protokol kesehatan 3M (Menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun/menggunakan handsanitizer juga menjaga jarak).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini