5 Cara Sederhana Tingkatkan Pertumbuhan Rambut Jadi Panjang dan Berkilau

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 611 2405456 5-cara-sederhana-tingkatkan-pertumbuhan-rambut-jadi-panjang-dan-berkilau-4E9QtX0zxT.jpg Ilustrasi rambut panjang dan berkilau. (Foto: Lookstudio/Freepik)

SEMUA orang menginginkan pertumbuhan rambut yang panjang dan berkilau. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil tersebut, mulai menggunakan bahan-bahan mahal hingga sederhana.

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (4/5/2021), berikut ini tips sederhana untuk meningkatkan pertumbuhan rambut jadi lebih panjang dan sehat.

Baca juga: Rambut Kering dan Rapuh, 4 Perawatan Ini Bisa Mengatasinya 

1. Gunakan minyak jarak

Tidak perlu menggunakan banyak produk mahal, bahan rumahan minyak jarak ternyata mengandung asam ricinoleic dan asam lemak omega-6 yang baik untuk pertumbuhan rambut. Minyak daun jarak cukup dipijatkan ke kulit kepala dan akan membantu meningkatkan sirkulasi darah hingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk hasil yang lebih baik, campurkan minyak jarak dengan 1 sendok minyak almond dan minyak zaitun. Oleskan secara menyeluruh ke kulit kepala. Pijat selama 10 hingga 15 menit dan bilas bersih. Lakukan ini seminggu sekali dan rambut akan tumbuh dengan cepat.

Ilustrasi minyak jarak. (Foto: Freepik)

2. Jaga pola makan

Penting juga menjalankan diet protein 50 gms setiap hari. Ketika Anda mulai diet rendah protein, rambut cenderung rontok atau menjadi tipis. Jadi, tingkatkan asupan lentil, telur, dan daging dalam makanan Anda.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Tingkatkan Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku 

3. Jus bawang untuk rambut panjang

Banyak yang pasti telah merekomendasikan ini kepada Anda dan jika masih belum mencobanya maka perlu melakukannya sekarang. Sulfat dalam bawang meningkatkan pertumbuhan rambut. Jangan pedulikan baunya yang menyengat ya.

4. Bersihkan kulit kepala dengan cuka sari apel

Seperti kulit perlu scrub secara teratur agar kulit mati hilang dan mendapatkan kulit segar. Begitu pula perlu menggosok rambut dan menjaga keseimbangan pH. Cuka adalah zat yang tepat untuk itu dan akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Anda bisa menggunakannya sebagai cairan keramas terakhir untuk membilas rambut. Ini tidak hanya akan meningkatkan pertumbuhan rambut, tetapi juga memberikan kilau. Ingatlah untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena dapat menyebabkan rambut rontok, dua kali seminggu itu sudah cukup.

Baca juga: Netizen Syok Tahu Harga Kuncir Rambut Nagita Slavina: Ini Cicilan Motorku Sebulan 

5. Pijat kepala

Tahukah Anda bahwa pijat kepala sederhana dapat memberikan keajaiban pada pertumbuhan rambut. Anda bisa melakukannya dengan minyak atau bahkan tanpa minyak, mulai dari bagian tengah garis rambut, gunakan jari tengah untuk membuat lingkaran 25 kali, sekarang ambil celah 3 jari bergerak ke arah tengah kepala, ulangi 25 lingkaran lagi.

Bergerak lebih jauh ke bawah dengan sekali lagi mengambil celah 3 jari dan membuat lingkaran. Akhiri ini dengan memijat bagian belakang lobus telinga. Ini akan membutuhkan waktu 5 hingga 7 menit. Anda dapat melakukannya saat berada di kantor, sambil menonton TV, atau kapan pun mau. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rambut yang sehat serta panjang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini