6 Cara Hilangkan Rambut Halus Tanpa Alat Cukur

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 611 2405554 6-cara-hilangkan-rambut-halus-tanpa-alat-cukur-MbLtVAumoz.jpg Ilustrasi menghilangkan rambut halus di tubuh. (Foto: Lookstudio/Freepik)

RAMBUT halus atau bulu pada tubuh adalah sesuatu yang wajar. Tetapi jika Anda merasa tidak nyaman dengan keberadaannya, bisa saja menghilangkannya.

Tapi perlu diketahui, penggunaan alat pencukur rambut halus bisa menyebabkan iritasi. Ada cara lain mencukur bulu tanpa alat pencukur.

Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum dari laman Myglamm, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: 5 Cara Sederhana Tingkatkan Pertumbuhan Rambut Jadi Panjang dan Berkilau 

1. Pepaya dan kunyit

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan rambut. Sedangkan kunyit mengandung antioksidan yang dapat melawan bakteri. Ini sangat baik untuk kulit sensitif.

Caranya cukup hancurkan sedikit pepaya mentah menjadi bubur dan tambahkan 1 hingga 2 sendok makan bubuk kunyit ke dalamnya. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas bersih.

Ilustrasi menghilangkan rambut halus.

2. Telur dan tepung jagung

Ini merupakan masker yang dapat dikelupas. Caranya gunakan 1 telur mentah dan pisahkan putih telur dari kuningnya. Tambahkan 1 sendok teh tepung maizena dan gula ke putih telur dan oleskan ke area yang ingin dihilangkan.

Kedua bahan itu akan mengencang di kulit setelah 20 sampai 30 menit, lalu kelupas masker dan tepuk-tepuk hingga kering. Telur mengandung sifat menutrisi kulit, tepung maizena dan gula membantu menghilangkan rambut dan sel kulit mati.

Baca juga: Rambut Kering dan Rapuh, 4 Perawatan Ini Bisa Mengatasinya 

3. Gula, madu, dan lemon

Madu bertindak sebagai pelembap alami dan gula membantu mengangkat sel kulit mati dengan cara mengelupas kulit. Sedangkan lemon digunakan sebagai pemutih kulit yang efektif. Caranya seperti kerja waxing kebanyakan yaitu campurkan satu sendok makan gula, lemon, dan madu, lalu panaskan perlahan hingga berubah menjadi pasta seperti lilin. Oleskan pada area yang ingin dihilangkan dengan strip waxing, tepuk-tepuk dan lepas dengan arah berlawanan dengan arah pertumbuhannya rambut.

4. Baking soda dan kunyit

Kunyit adalah antioksidan dan soda kue bertindak sebagai scrubber yang lembut. Kedua bahan ini baik untuk mengurangi pertumbuhan rambut. Caranya cukup mudah, campurkan kedua bahan tersebut dan diamkan selama 15 hingga 20 menit.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Tingkatkan Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku 

5. Oatmeal dan pisang

Oatmeal berfungsi sebagai scrubber tubuh yang lembut dan pisang dapat membantu melembutkan kulit. Kedua bahan ini dapat dijadikan sebagai perontok rambut halus dan sebagai pelembut kulit.

6. Tepung jagung dan susu

Tepung jagung dan susu yang dioleskan pada kulit dapat dengan cepat menempel pada folikel rambut dan menahannya dengan erat. Campuran ini dijadikan sebagai masker peel off, caranya campurkan dua bahan tersebut dan oleskan pasta ke seluruh area yang ingin dihilangkan rambutnya. Biarkan selama 20 menit atau hingga benar-benar kering, dan kupas masker dan keringkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini