10 Cara Jitu Mendapatkan Kulit Wajah yang Sehat dan Bercahaya

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 611 2405596 10-cara-jitu-mendapatkan-kulit-wajah-yang-sehat-dan-bercahaya-DxshAMkf93.jpg Ilustrasi kulit wajah sehat dan bercahaya. (Foto: Senivpetro/Freepik)

KULIT wajah sehat dan bercahaya adalah impian semua wanita. Harus melalui berbagai langkah konsisten untuk mendapatkannya. Perawatan yang dilakukan juga memerlukan keseriusan, karena tidak bisa instan dan alami.

Berikut ini deretan cara jitu yang bisa meningkatkan pancaran kulit dan menambah kesehatnnya, sebagaimana dilansir laman Goodhousekeeping, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Wajah Berminyak Butuh Perawatan Khusus, Ikuti Cara Terbaik Ini 

1. Bersihkan secara teratur

Salah satu cara kunci untuk kulit bercahaya adalah dengan membersihkannya dengan membuang kotoran, minyak, dan partikel polusi secara menyeluruh yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Cuci wajah Anda pagi dan malam dengan memijat sedikit pembersih wajah dengan jari dalam gerakan melingkar.

2. Eksfoliasi kulit

Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan kilau baik secara langsung maupun jangka panjang adalah dengan pengelupasan. Proses ini menghilangkan lapisan luar sel kulit mati sehingga permukaannya lebih halus dan jernih serta memantulkan cahaya.

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

3. Lembapkan dan lindungi

Supaya lebih bercahaya, berikan lapisan pelembap. Saat kulit dilembapkan akan membuatnya langsung tampak lebih bercahaya. Lalu pastikan untuk melindungi kulit dengan tabir surya wajah atau krim siang SPF 30+ spektrum luas, karena pengelupasan kulit membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, termasuk bintik hitam.

4. Carilah bahan perawatan kulit yang mencerahkan

Pada perawatan perawatan kulit topikal seperti serum dan pelembap, lihat pada kemasannya. Untuk istilah seperti "mencerahkan" dan "warna kulit malam", dan bahan perawatan kulit aktif seperti: Vitamin C, antioksidan yang mencerahkan kulit dengan memblokir enzim yang menghasilkan pigmen, Niacinamide (vitamin B3) memperlambat produksi pigmen untuk mencerahkan bintik-bintik gelap. Penggunaan pencerah ini setiap hari dapat menerangi kulit Anda dari waktu ke waktu. Efeknya dapat terlihat dalam beberapa minggu, dengan hasil optimal dalam waktu sekitar tiga bulan.

Baca juga: Benarkah Lesung Pipi Bisa Dibuat? Ini Faktanya 

5. Melembapkan kulit secara teratur

Jangan hanya sekali-sekali mengoleskan pelembap atau saat kulit terasa kering. Kurangnya hidrasi membuat kulit kusam dan bahkan menonjolkan kerutan. Oleskan pelembap topikal pagi dan sore hari untuk mengisi kembali hidrasi. Pengujian menunjukkan bahwa lotion dan krim wajah secara umum lebih menghidrasi daripada minyak, serum, dan formula lainnya.

6. Coba masker wajah

Untuk mendapatkan manfaat mengencangkan dan meningkatkan kilau kulit secara instan saat kulit terasa lesu, aplikasikan masker wajah yang melembabkan dan biarkan meresap ke dalam kulit. Ini akan mengencangkan pori-pori.

7. Pijat kulit wajah

Pijat lebih dari sekadar merilekskan otot. Memijat wajah saat mencucinya. Gerakan tersebut meningkatkan sirkulasi dan memberi kulit getaran alami. Lakukan beberapa gerakan ke atas dan ke bawah di setiap pipi untuk melihat efeknya.

Baca juga: 10 Cara Aman Merawat Kulit Wajah meski Sedang Muncul Jerawat 

8. Gunakan lotion berkilau

Lotion yang mengandung bahan pelembap, seperti gliserin dan asam hialuronat, yang menarik kelembapan ke dalam kulit untuk segera membuatnya tampak kenyal dan halus.

9. Makan makanan kaya antioksidan

Ya, apa yang Anda makan bisa berdampak pada kilau kulit wajah. Konsumsi anggur, beri, dan kacang-kacangan seperti pecan dan kenari yang kaya akan polifenol seperti asam ellagic dan resveratrol. Penelitian telah mengaitkan jenis antioksidan ini dengan membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV seperti hiperpigmentasi.

10. Hidrasi dari dalam ke luar

Jangan lupakan air atau H2O. Hidrasi yang tepat berhubungan langsung dengan regenerasi sel kulit, kunci untuk bercahaya. Targetkan 8 hingga 10 gelas air putih tanpa pemanis per hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini