Cerai, Bill Gate dan Melinda Tetap Jadi Patner di Yayasan Amal

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405356 cerai-bill-gate-dan-melinda-tetap-jadi-patner-di-yayasan-amal-JY9AHgTS3r.jpg Bill Gates dan Melinda Gates (Foto: Inst)

Dua sosok miliarder dermawan Bill dan Melinda Gates, yang merupakan salah satu pendiri salah satu yayasan amal swasta terbesar di dunia diketahui hari ini telah memutuskan untuk bercerai setelah 27 tahun menikah.

Meski tak lagi menjadi pasangan suami-istri, tapi Bill dan Melinda berkomitmen untuk tetap menjadi patner tetap dalam hal pekerjaan filantropi mereka bersama lewat Bill and Melinda Gates Foundation.

 Bill dan Melinda

Yayasan ini sendiri disebutkan telah menjadi salah satu kekuatan paling kuat dan berpengaruh dalam kesehatan masyarakat global, telah menghabiskan lebih dari USD50 miliar dalam dua dekade terakhir untuk memerangi kemiskinan dan penyakit.

Salah satu contohnya, dalam proyek sosialnya Bill and Melinda Gates Foundation selama ini aktif menyokong program-program untuk pemberantasan polio dan malaria, nutrisi anak, dan vaksin. Bahkan pada tahun 2020, yayasan ini berkomitmen sekitar USD1,75 miliar untuk bantuan terkait pandemi Covid-19.

Telah berjalan selama kurang lebih 21 tahun, semenjak dirilis pada tahun 2000 yayasan non-profir Bill & Melinda Gates Foundation tersebut sekarang berhasil menjaadi organisasi filantropi swasta terbesar di Amerika Serikat dan salah satu yang terbesar di dunia, dengan aset bersih per tahun 2019 senilai USD43,3 miliar.

Tercatat sejak 1994 hingga 2018, pasangan yang dikaruniai tiga orang anak tersebut telah menyumbangkan lebih dari USD36 miliar ke yayasan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat itu.

Kini, meski tak lagi menjadi pasangan suami istri seperti sebelumnya. Baik Bill maupun Melinda berkomitmen untuk tetap bersama dalam hal aksi sosial di Bill & Melinda Gates Foundation.

Sebagaimana dilapor Newsblock, Selasa (4/5/2021) ditegaskan dalam pernyataan terpisah, Gates Foundation sendiri telah merilis pernyataan, kalau Bill dan Melinda akan tetap menjabat dan bekerja sebagai ketua bersama dan pengawas organisasi.

Sementara, dalam dokumen pengajuan perceraiannya, diketahui pasangan ini meminta pengadilan untuk membubarkan pernikahan mereka dengan membagi properti bersama, kepentingan bisnis, dan tanggung jawab mereka sebagaimana diatur dalam kontrak pemisahan dari Bill dan Melinda meskipun perjanjian itu tidak dipublikasikan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini