10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa, Bisa Jadi Inspirasi Anda

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405409 10-ucapan-hari-raya-idul-fitri-bahasa-jawa-bisa-jadi-inspirasi-anda-U3gpyyQ58M.png Ilustrasi Idul Fitri. (Foto: Shutterstock)

UCAPAN hari raya Idul Fitri bahasa Jawa adalah salah satu yang bisa menjadi inspirasi di momen Lebaran mendatang. Pasalnya, seluruh umat Islam di dunia sebentar lagi merayakan Lebaran, dan banyak hal yang dipersiapkan, termasuk memberi ucapan kepada sesama Muslim.

Terlebih bagi masyarakat Jawa, memberikan ucapan hari raya Idul Fitri bahasa Jawa terasa lebih akrab dan personal. Ucapan hari raya Idul Fitri bahasa Jawa halus atau krama inggil bisa diberikan kepada orang yang lebih tua agar terdengar lebih sopan.

Sedangkan untuk sahabat dan teman sebaya, ucapan selamat Idul Fitri bahasa Jawa Ngoko dinilai lebih santai dan tidak terlalu formal.

Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut 10 ucapan selamat Lebaran dalam bahasa Jawa yang bisa Anda bagikan saat momen Idul Fitri nanti.

Baca juga: Resep Rendang Sapi, Hidangan Lebaran yang Lezatnya Mantap Jiwa! 

1. Mohon maaf yang tulus

"Netra sering salah tinatap, tutuk tansah sering salah wicara, ati uga tansah sering salah prasongko, kanthi niyat ingkang tulus lan suci ingsun ngucapaken mugiyo tansah winengku ing karahayon lan widodo ing sambikala."

Artinya: Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Idul Fitri. (Foto: Shutterstock)

2. Rasa hormat meminta maaf

"Kula ngaturaken sembah pangabekti dhateng Bapak/Ibu, ugi nyuwun pangapunten ing sadeleme manah dumateng sedaya agengipun kelepatan pun tindak tanduk ingkang katingal menapa mboten katingal. Mugi mugi Allah SWT nglebur dosa kula lan Bapak/Ibu ing dinten riyaya menika."

Artinya: Saya menyampaikan rasa hormat dan berbakti kepada Bapak/Ibu, dan meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan sikap dan tindakan yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Semoga Allah menghapus dosa saya dan Bapak/Ibu di momen hari raya ini.

3. Mohon maaf dan senantiasa sehat

"Sugeng riyadi kulo ucapken kangge bapak lan ibu sakeluargo mugi-mugi tansah sehat lan sentoso. Kawulo nyuwun agungipun pangapunten sadaten kalepatan kulo."

Artinya: Semoga Bapak dan Ibu sekeluarga senantiasa sehat dan sejahtera. Minta maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang telah dibuat.

4. Maafkan segala kesalahan

"Ngaturaken sugeng riyadi sedoyo lepat nyuwun pangapunten, mugo mugo dosaku lan dosaku dilebur ing dino riyoyo iki."

Artinya: Mengucapkan selamat Idul Fitri. Maafkan segala kesalahanku, semoga dosaku dan dosamu dilebur di hari nan suci ini.

Baca juga: Tips Beli Baju Lebaran Aman dari Penularan Covid-19 

5. Maaf saya dan sekeluarga

"Ngaturaken sembah pangabekti kawula lan nyuwun pangapunten sedaya kalepatan kula sekeluwarga. Mugi linebura ing dinten riyaya punika."

Artinya: Saya menyampaikan sungkem dan permohonan maaf atas semua kesalahan saya sekeluarga. Semoga kesalahan terhapuskan dalam momen hari raya ini.

6. Maafkan segala kesalahan

"Sugeng Riyadi. Ngaturaken Sedaya Kelepatan."

Artinya: Selamat Hari Raya. Maafkan Segala Kesalahan Saya.

7. Maaf atas salah kata dan sikap

"Tembung ingkang salah nate diucapake, sikap ingkang salah ugo nate diungkapke, fitrah tansah dipun harapaken. Sugeng Riyoyo Fitri. Mugiyo tansah winengku ing karahayon lan widodo ing sambikala."

Artinya: Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, kembali fitrah selalu diharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri, minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin.

Baca juga: 4 Model Gamis Kombinasi Inspirasi Idul Fitri, Ayana Moon Cantik Banget! 

8. Maaf untuk lidah dan jiwa

"Dumateng ati ingkang nate tatu amarga landeping ilat. Kagem ingkang nate tatu amarga sikap lan tingkah laku. Mugiyo tansah winengku ing karahayon lan widodo ing sambikala."

Artinya: Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Mohon maaf lahir dan batin.

9. Maaf lahir dan batin

"Kulo nyuwun agunging pangapunten sedanten kalepatan lahir lan batos boten langkung ngaturaken sugeng riyadi."

Artinya: Mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang pernah dibuat lahir maupun batin, tak lupa mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri.

10. Maaf atas salah tindakan dan ucapan

"Yen aku tumindak ngawur lan ngomong goroh, yo sing nedho nrimo, sepurane yo."

Artinya: Jika aku pernah bertindak salah dan berucap menyakitkan, tolong maafkan aku ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini