Patah Hati di Tengah Pandemi, Begini Cara Mengatasinya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405527 patah-hati-di-tengah-pandemi-begini-cara-mengatasinya-oVcqWXCDtM.jpg Patah hati (Foto: Pinterest)

Memang dalam dunia percintaan, kita sudah tak asing dengan namanya patah hati. Sudah berusaha mencari jodoh ke sana ke mari, dari pertemanan hingga online dating sudah dicoba, namun semua berakhir dengan patah hati.

Jika saat ini Anda sedang patah hati di tengah pandemi, tidak apa-apa. Memang semuanya terasa menyedihkan. Namun ingat, orang yang wajib mencintai diri Anda, adalah Anda sendiri, bukan pacar Anda.

Jika pacar Anda memutuskan meninggalkan Anda, ya sudah tidak apa-apa. Lepaskan saja. Mungkin Tuhan sudah menyiapkan orang yang lebih cocok untuk Anda. Guna mengatasi patah hati, seperti dilansir dari Femina India, berikut ini beberapa caranya.

 patah hati

1. Menerima kenyataan

Langkah pertama adalah menerima kondisi diri Anda sendiri. Ketika Anda menerima bahwa Anda menderita, Anda sedih karena pacar meninggalkan Anda, maka Anda sudah setengah jalan menuju move on.

Masalah hanya muncul jika Anda hidup dalam penyangkalan dan tidak mau merasakan serta memproses kebenaran. Luangkan waktu untuk memeriksa dari mana penyangkalan ini berasal. Ini bisa jadi sulit, tetapi jika Anda mengabaikan apa yang Anda rasakan, kemungkinan besar Anda tidak akan sembuh darinya.

Proses penerimaan bahwa Anda patah hati ini, akan menyakitkan Anda. Namun ketika Anda berhasil keluar darinya, Anda pasti akan menjadi orang yang sangat berbeda.

2. Maafkan dirimu

Langkah pertama adalah mengendalikan situasi, dan selanjutnya adalah memaafkan, baik memaafkan pacarmu yang meninggalkanmu maupun diri sendiri. Anda perlu memaafkan mereka atas rasa sakit yang mereka timbulkan kepada Anda.

Kedengarannya sulit, dan Anda mungkin bahkan tidak berpikir untuk mempertimbangkannya, tetapi ingat, Anda memaafkan bukan untuk mereka, tetapi untuk diri Anda sendiri. Menyimpan dendam tidak akan pernah membuat Anda sembuh total.

3. Lakukan me-time

Kembalilah ke lukisan yang selalu ingin Anda lukis, bangun pagi-pagi dan berlari-lari kecil di sekitar taman, membuat kue, atau mencoba resep baru yang sudah lama hilang dalam daftar keinginan Anda.

Cobalah untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa baik, mengeluarkan yang terbaik dalam diri Anda. Menyibukkan diri secara kreatif akan menghasilkan keajaiban ketika Anda merasa mandek.

Buat jurnal tentang apa yang paling penting bagi Anda. Tuangkan semua amarah dan rasa sedih Anda ke dalam jurnal. Tuliskan sampai Anda merasa baik-baik saja dan sembuh.

Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan buku tentang patah hati yang akan terus menginspirasi Anda untuk terus maju setiap kali Anda melihat ke belakang.

4. Perbanyak silaturahmi dengan keluarga dan teman

Perbanyak silahurahmi dengan keluarga dan teman-teman untuk mendapatkan dukungan. Luangkan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Lakukan aktivitas yang melibatkan orang-orang sehingga Anda tidak merasa sendirian.

Cobalah berhubungan kembali dengan beberapa teman lama Anda. Ini akan menyegarkan pikiran dan mengarahkan Anda ke tempat yang jauh lebih baik!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini