Berbagi Takjil di Jalan Raya, Patuhi Prokes Jangan Berkerumun

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405591 berbagi-takjil-di-jalan-raya-patuhi-prokes-jangan-berkerumun-T6aOPZDL0W.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BERBAGI takjil sudah menjadi tradisi di ibu kota khususnya. Namun karena pandemi Covid-19, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi selama Anda membagikan makanan ringan untuk berbuka puasa.

Takjil yang berasal dari kata ‘ajila dalam bahasa Arab memiliki arti yaitu menyegerakan. Namun, selama ini kebanyakan orang menyebut makanan atau minuman yang disajikan untuk berbuka puasa dengan istilah takjil.

Menyegerakan berbuka puasa (takjil) merupakan kebaikan, seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Manusia senantiasa berada di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:Virus Corona Inggris, India, dan Afsel Sudah Masuk Indonesia, Ketahui Bahayanya

takjil

Ya, baik menyegerakan berbuka maupun berbagi makanan untuk berbuka puasa merupakan dua hal kebajikan yang sebaiknya dilakukan selama bulan Ramadan. Karenabnya, tak sedikit masyarakat untuk saling berbagi takjil di jalan raya atau tempat publik lainnya.

"Membagikan makanan atau minuman untuk berbuka puasa termasuk dalam ajaran agama Islam yang mana merupakan salah satu bentuk kebaikan terhadap orang-orang yang berpuasa,” kata Achmad Syarif Kurniawan dari Rumah Sunat dr Mahdian.

Namun di masa pandemi ini, Syarif mengingatkan kepada seluruh umat Islam agar dapat terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Salah satunya yakni walaupun berbagi takjil, menjaga kesehatan dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Ini merupakan kali kedua umat Islam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi."

Selama membagikan takjil, jangan lupa untuk memakai masker menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun atau memakai handsanitizer. Yang perlu sekali diingat adalah Anda wajib menghindari kerumunan untuk meminimalisir penularan Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini