4 Cara Praktis Cegah Mulut Kering dan Bau Mulut

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405606 4-cara-praktis-cegah-mulut-kering-dan-bau-mulut-EPgUSHf1js.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJALANI ibadah puasa memang bisa membuat mulut kita kering. Akibatnya, kita bisa saja mengalami panas dalam dan membuat kelenjar yang bertanggung jawab untuk memproduksi air liur tidak berfungsi dengan baik.

Jika sudah begitu, kita pun akan mengalami beberapa gangguan kesehatan mulut, seperti bibir pecah-pecah, sariawan dan bau mulut. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan minum air, yang tidak bisa dilakukan ketika kita puasa.

Tetapi ada beberapa orang yang meskipun mengikuti semua ini terus-menerus tetap merasa haus dan mengalami mulut kering. Untuk itu, ketika berbuka Anda bisa mengatasinya dengan tips berikut yang dilansir dari Pinkvilla :

Berkumur-kumur

Berkumur setiap hari dengan air hangat akan memberikan sedikit kelegaan dari masalah mulut kering. Campuran air hangat dan air liur dapat mengaktifkan kelenjar ludah untuk mengeluarkan air liur.

bau ulut

Mengonsumsi rempah-rempah:

Jika Anda suka rempah-rempah, maka ini yang terbaik untuk Anda. Namun, jika tidak tahan terhadap rempah-rempah, maka tambahkan lada, biji adas, kapulaga dalam makanan sebagai bantuan.

Lemon

Minumlah segelas jus lemon setiap pagi, karena lemon bersifat asam dan dapat mengobati bau mulut serta membersihkan mulut Anda. Ini merangsang produksi air liur, yang diperlukan ketika menderita masalah mulut kering.

Mengonsumsi permen karet tanpa gula

Konsumsi makanan manis dapat membuat mulut kering. Mengunyah permen karet tanpa gula mungkin memberi bantuan jangka pendek dari mulut kering. Permen karet mengandung xylitol, yang membantu produksi air liur.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini