Jangan Sampai Anak-Anak Kecanduan Gadget, Ini Bahayanya

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405647 jangan-sampai-anak-anak-kecanduan-gadget-ini-bahayanya-xPAlznzNsb.jpg Anak-anak bermain gadget. (Foto: Victoria Borodinova/Pixabay)

GADGET atau gawai adalah perangkat yang wajib dimiliki oleh orang-orang masa kini. Selain sebagai alat komunikasi, gadget juga tempat mencari berbagai informasi. Tapi gadget bisa berdampak buruk bagi anak-anak. Banyak laporan anak-anak kecanduan gadget.

Anak-anak yang sibuk mengoperasikan gadget akan banyak diam saja. Sebab gadget menyita perhatian mereka, padahal ini sangat berbahaya, apalagi di usia yang sangat muda.

Baca juga: Benarkah Nasi Bukan Menu Sahur yang Baik untuk Anak? 

Pengenalan gadget terlalu dini dinilai membuat anak-anak melambat dalam perkembangan kemampuan kognitif yang sedang cepat berkembang di usia mereka, seperti kemampuan mengingat, memecahkan masalah, berpikir, atau mengambil keputusan.

Anak-anak yang kecanduan gadget juga bakal mudah marah, menangis, bahkan tantrum saat tidak diberi izin memainkan gadget.

Anak-anak bermain gadget. (Foto: Andrew Angelov/Pixabay)

"Karena ini (gadget) sudah menjadi obsesi buat mereka," ujar pengamat teknologi Lucky Sebastian kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Selain itu interaksi sosial tatap muka seperti berkomunikasi dengan orangtua, orang lain, menjadi tidak lancar karena tidak terbiasa dan kebanyakan mengisolasi diri dengan keasikan bermain gadget.

Baca juga: Jangan Pernah Berbohong ketika Anak Menangis, Ketahui Bahayanya 

Gadget, kata Lucky, juga memancarkan spektrum cahaya yang terus-menerus dan sebagian panjang gelombang cahaya tidak baik untuk mata jika digunakan terlalu lama.

"Mudah sekali sekarang menemukan anak-anak yang menggunakan kacamata di usia dini, karena saat melihat gadget tanpa sadar kita lebih jarang mengedit sehingga mata mudah kering, otot mata hanya fokus pada jarak dekat, sehingga saat melihat jauh jadi sulit fokus," ungkapnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini