Ayah-Bunda, Ini Lho Manfaat Ajarkan Anak-Anak Sifat Mandiri

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405660 ayah-bunda-ini-lho-manfaat-ajarkan-anak-anak-sifat-mandiri-VmLDVD8eUv.jpg Ilustrasi anak-anak. (Foto: Jcomp/Freepik)

AYAH dan bunda harus mengajarkan sifat mandiri kepada anak-anak sedini mungkin. Biarkan anak melakukan sendiri hal-hal yang baik, tapi tetap orangtua harus melakukan pengawasan. Diharapkan dari sikap mandiri ini, anak-anak bisa mendapat pembelajaran berarti.

Ayah dan bunda diimbau jangan takut jika anak-anaknya gagal atau salah. Cukup perhatikan saja mereka memperbaiki kekurangannya, memecahkan masalah, serta bangkit lagi. Ini merupakan suatu kemajuan dalam diri anak-anak untuk terus tumbuh tangguh.

Terdapat sejumlah manfaat orangtua perlu mengajarkan kemandirian kepada anak-anaknya. Berikut ini lima di antaranya, seperti dilansir laman Pinkvilla.

Baca juga: 6 Cara Membangun Percaya Diri Anak, Dicoba Ya Bun! 

1. Membentuk kepercayaan diri

Kemandirian akan membawa kepercayaan diri setelah beberapa kali belajar. Mereka akan mulai memercayai diri sendiri tanpa meminta bantuan.

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Freepik)

2. Memberikan pengetahuan dan pengalaman

Menjalani keinginan semau dia akan memberikannya naluri bertahan hidup dan tanggung jawab. Anak akan bergantung pada seberapa baik mereka menghadapi semuanya sendiri tanpa bantuan siapa pun. Ini akan memberikannya pelajaran dan pengalaman untuk mencapai tujuan.

3. Membuatnya bersyukur

Begitu anak mulai mandiri, mereka akan lebih menghargai sebuah perjuangan dan akan mendorongnya untuk lebih bersyukur.

Baca juga: Anak Susah Tidur saat Malam Hari, Coba Dicek Tidur Siangnya 

4. Membuatnya tangguh

Melalui banyak kegagalan, anak akan belajar untuk melakukannya lebih baik lagi dan tidak mengulanginya. Dia akan sadar bahwa masalah seberat apa pun akan bisa dilewati. Ini membuatnya tangguh dan memiliki pemikiran yang optimis.

5. Membuatnya pintar

Dengan dihadapkan rintangan yang perlu diselesaikan akan meningkatkan kemampuan kognitif anak, kecerdasan emosional, dan keterampilan memecahkan masalah.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini