Tips Tetap Bugar Jalani Iktikaf 10 Malam Terakhir Ramadhan

Antara, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 481 2406057 tips-tetap-bugar-jalani-iktikaf-10-malam-terakhir-ramadhan-q8tUcCmcuI.jpg Ilustrasi iktikaf 10 malam terakhir Ramadhan. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

SAAT ini sudah memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi. Kaum Muslimin pun berlomba-lomba menjalankan ibadah, salah satunya iktikaf di masjid.

Biasanya iktikaf dimulai usai ibadah Sholat Tarawih hingga menjelang sahur. Selain sholat dan berzikir, orang-orang yang beriktikaf juga membaca kitab suci Alquran sesuai kemampuannya.

Baca juga: Bolehkah Iktikaf di Rumah Saat Pandemi Corona? Simak Penjelasannya 

Ini artinya Muslim yang melakukan iktikaf bisa duduk selama beberapa lama. Terkait hal tersebut, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Hario Tilarso menyarankan orang yang beriktikaf melakukan peregangan di sela-sela kegiatannya.

"Boleh peregangan untuk melancarkan aliran darah. Tahan 10 detik," ungkap dr Hario, seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/5/2021).

Ilustrasi iktikaf. (Foto: Freepik)

Sirkulasi yang lebih baik meningkatkan aliran darah ke otot tubuh. Ini dapat mengurangi nyeri otot.

Manfaat lain peregangan membantu mencegah nyeri punggung dengan memperkuat otot punggung dan mengurangi risiko ketegangan otot. Demikian menurut pakar kesehatan, seperti dikutip dari laman Healthline.

Baca juga: Sabda Nabi tentang Keutamaan Iktikaf di Penghujung Ramadhan 

Peregangan sendiri terbagi dua yakni statis dan dinamis. Pada peregangan statis seperti yang disarankan dr Hario, seseorang bisa menahan regangan dalam posisi yang nyaman selama jangka waktu tertentu, biasanya antara 10 dan 30 detik.

Sementara pada peregangan dinamis yakni gerakan aktif yang menyebabkan otot Anda meregang. Jenis peregangan ini biasanya dilakukan sebelum latihan agar otot Anda siap bergerak.

Tidak hanya peregangan, sebaiknya penuhi juga asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh melalui makanan bergizi seimbang serta minum air yang cukup.

Baca juga: Tata Cara Iktikaf, Amalan yang Ada Sejak Zaman Nabi Ibrahim 

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengingatkan orang-orang tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah tertular covid-19 seperti menjaga jarak sekira 1 meter dari orang lain termasuk saat sholat dan berwudu.

Kemudian mengenakan masker dan menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan rutin terutama usai menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang misalnya pegangan pintu, tangga, sakelar, dan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini