Alami Batuk saat Terinfeksi Covid-19, Redakan dengan 3 Obat Tradisional Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 481 2406184 alami-batuk-saat-terinfeksi-covid-19-redakan-dengan-3-obat-tradisional-ini-oRRMOptLGa.jpg Ilustrasi batuk. (Foto: Mdjaff/Freepik)

SALAH satu gejala awal infeksi covid-19 adalah batuk kering. Batuk kering merupakan jenis batuk yang tidak mengeluarkan lendir atau dahak.

Ini akan mengakibatkan tenggorokan terasa kering, gatal, sakit, dan kasar. Seseorang bahkan bisa mengalami sensasi menggelitik di tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan.

Baca juga: Dokter Sarankan Tes Dahak TBC pada Pasien Batuk Negatif Covid-19 

Meredakan batuk kering bisa jadi sulit. Ada berbagai alasan medis berbeda yang bisa menjadi penyebab di balik batuk kering, termasuk covid-19.

Selain obat yang diresepkan oleh ahli kesehatan, terdapat juga beberapa obat tradisional yang dapat membantu meredakannya.

Sebagaimana dilansir laman Pinkvilla, Rabu (5/5/2021), berikut ini lima obat tradisional pereda batuk.

Madu. (Foto: Freepik)

1. Madu

Madu mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membantu menenangkan tenggorokan yang kering dan sakit. Itu diisi dengan antioksidan yang membantu penyembuhan.

Mencampurkan 2 sendok makan madu dengan air panas bisa membantu merilekskan sakit tenggorokan. Pastikan minum ramuan ini 2 kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

2. Jahe

Jahe dianggap sebagai obat yang bagus untuk banyak kondisi medis termasuk batuk kering. Sifat obatnya membantu mengurangi peradangan dan sifat anti-bakterinya membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis virus.

Minum jahe panas dan teh cengkih dapat membantu menenangkan sensasi tenggorokan yang terasa kasar dan membantu meredakan tenggorokan yang teriritasi.

Baca juga: Air Garam hingga Minyak Kayu Putih, Bahan Alami yang Efektif Obati Batuk 

3. Kumur air garam

Garam membantu membunuh bakteri dan melonggarkan lendir yang tersangkut di tenggorokan. Berkumur dengan air garam hangat tidak akan langsung meredakannya, tetapi akan membantu membunuh bakteri dalam jangka panjang.

Ini adalah metode pengobatan tradisional yang sudah ada sejak lama, tetapi masih banyak digunakan karena hasilnya yang menenangkan. Tambahkan 1 sendok makan garam dalam 1 cangkir air panas dan kumur selama 20 detik 3 kali sehari dan Anda akan melihat perbedaannya sendiri.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini