Tertawa Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental? Ini Penjelasannya

Hantoro, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 481 2406250 tertawa-tingkatkan-kesehatan-fisik-dan-mental-ini-penjelasannya-q9dHjL9lHQ.jpg Ilustrasi tertawa. (Foto: Pressfoto/Freepik)

SETIAP orang pasti pernah tertawa. Tertawa adalah bagian dari respons tubuh terhadap hal-hal yang lucu. Tertawa membutuhkan banyak usaha di dalam otak, sebab harus mengaktifkan area motorik, emosional, kognitif, serta pemrosesan sosial.

Sebuah studi yang diungkap dalam Pengantar Psikologi Humor menyebutkan kekuatan tawa untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Baca juga: 6 Manfaat Tertawa yang Jarang Diketahui 

Tertawa dapat mengembangkan otot tubuh bagian atas manusia, mulai kombinasi otot wajah, gerakan mata, kepala, hingga bahu. Banyak area di otak kemudian menjadi aktif sehingga jalur saraf emosi, seperti kegembiraan dapat meningkatkan suasana hati dan stres berkurang.

Ilustrasi tertawa. (Foto: Shutterstock)

Para ilmuwan coba mengukur frekuensi dan intensitas 41 orang yang tertawa dalam periode dua pekan yang dikaitkan dengan peringkat stres dan fisiknya. Mereka menemukan makin banyak tertawa, maka makin rendah stres yang dirasakan. Tertawa juga mampu meningkatkan keintiman dengan orang lain.

Sebagaimana dilansir laman Science Alert, ahli bahasa Don Nilsen menyebut tertawa butuh peran sosial yang kuat dan sangat jarang tertawa bisa terjadi jika sedang sendirian. Hal ini dibuktikan dari tawa bayi yang merasa senang membangun ikatan dengan pengasuhnya.

Baca juga: Ingat Pesan Nabi Muhammad, Tertawa Terbahak-Bahak Dapat Mematikan Hati 

Hal tersebut sebagai tanda eksternal untuk berbagi apresiasi atau situasi. Misalnya, pelawak mencoba tertawa untuk membuat audiens merasa lebih dekat secara psikologis agar tercipta keintiman di antara mereka.

Para peneliti menemukan bahwa emosi positif yang dihasilkan saat tertawa dapat meningkatkan kesejahteraan subjektif dan kepuasan hidup. Emosi itu akan membuat seseorang lebih menghargai makna hidup dan membantu orang yang lebih tua memahami kesulitan yang mereka hadapi selama hidup.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini