Catat, Ini 4 Tanda Anda Orangtua yang Toxic

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 612 2405779 catat-ini-4-tanda-anda-orangtua-yang-toxic-KJcMSdcgAL.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Tidak dapat disangkal sebagai orangtua Anda akan selalu memikirkan yang terbaik untuk anak. Namun, terkadang, tidak peduli seberapa baik niat Anda, gaya pola asuh Anda pada akhirnya bisa lebih merugikan daripada menguntungkan anak Anda.

Dengan kata lain, tanpa disadari, perilaku Anda bisa berdampak buruk pada kesejahteraan anak Anda secara keseluruhan. Tetapi bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah berubah menjadi orang tua yang beracun alias toxic? Melansir Pinkvilla, berikut 4 tanda yang bisa Anda jadikan parameternya.

Terlalu protektif

Ibu dan Anak

Wajar jika Anda merasa sangat terikat dengan anak Anda. Tapi, jika anak Anda merasa terkekang oleh emosi dan sentimen, itu bisa menjadi tanda bahaya.

Nyatanya, Anda berusaha sekuat tenaga untuk terlibat dalam setiap aspek kehidupan anak. Anda memang ingin menjadi temannya, tetapi bisa melewati batas. Bedakan antara sikap waspada terhadap anak dengan sikap kepo.

Melampiaskan emosi Anda kepada anak

Anda mungkin berada di bawah tekanan yang cukup besar karena berbagai alasan dalam hidup Anda. Dan Anda terkadang merasa sulit untuk mengelola pikiran negatif Anda.

Akibatnya, Anda akhirnya melampiaskan rasa frustrasi kepada orang-orang di sekitar Anda, ke anak Anda. Hati-hati, ledakan emosi yang sering Anda lakukan dan pandangan hidup yang suram dapat menyebabkan respons negatif dari anak Anda.

Baca Juga : 6 Tips Jaga Kesehatan Mental dalam Keluarga Selama Pandemi Covid-19

'Semua tergantung padaku'

Dengan kata lain, Anda tidak ingin membiarkan anak Anda menikmati kemandiriannya. Anda tidak pernah membiarkan anak Anda mengungkapkan pandangannya.

Pada kenyataannya, Anda mengambil semua keputusan, termasuk yang tidak penting, atas nama anak Anda. Anda selalu berbicara pada anak Anda, dan tidak mau mendengarkannya balik.

Perbandingan yang tidak adil

Anda tidak menghargai individualitas anak Anda. Anda selalu mengkritik kegagalannya. Terlebih, Anda juga tidak pernah puas dengan pencapaian anak Anda.

Oleh karena itu, Anda selalu membandingkan anak Anda dengan teman-temannya. Itu tentu saja merupakan tanda peringatan dari pengasuhan yang toxic alias beracun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini