Anak Berjemur Matahari, Perlu Pakai Baju atau Dilepas?

Antara, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 612 2406192 anak-berjemur-matahari-perlu-pakai-baju-atau-dilepas-qptnK910At.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SINAR matahari memang salah satu cara kita mendapatkan vitamin D. Tidak heran jika kemudian banyak orang berjemur sinar matahari untuk meningkatkan imunitas mereka.

Bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun bisa menjalani rutinitas berjemur di tengah pandemi Covid-19. Namun, saat mengajak anak berjemur, perlukah sampai membuka bajunya tanpa menyisakan sehelai kain pun?

"Anak tetap memakai baju dan pelindung mata. Jangan ditelanjangi," ujar dokter spesialis anak, Mesty Ariotedjo.

Mesty mengatakan, tak semua bagian tubuh anak perlu dijemur, cukup telapak tangan, punggung tangan dan kaki. Durasinya sekitar 10-15 menit setiap hari. "Durasi 10-15 menit. Berdasarkan IDAI antara jam 10 sampai 15.00 atau jam 9.00 sampai 15.00 masih oke," kata dia.

Vitamin D

Dalam kesempatan berbeda, dokter spesialis anak Caessar Pronocitro pernah mengungkapkan, berjemur bermanfaat salah satunya karena kandungan sinar UVB yang kemudian membentuk vitamin D langsung disalurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Selain berjemur, anak-anak juga perlu melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit hingga satu jam per hari atau disesuaikan dengan usianya.

Selain itu, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan seperi menjaga jarak fisik dan sosial dengan orang lain dan mencuci tangan usai beraktivitas. Beraktivitas yang menyenangkan juga bisa melatih ketahahan fisik anak, pengembangan motorik anak.

Selain rutin melakukan aktivitas fisik dan berjemur, anak-anak juga disarankan mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang dan mendapatkan waktu tidur yang cukup demi menjaga kekebalan tubuhnya sekaligus mencegah terkena penyakit termasuk Covid-19.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini