Enaknya Jalangkote, Takjil Favorit Orang Makassar 'Kembaran' Pastel

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 298 2406674 enaknya-jalangkote-takjil-favorit-orang-makassar-kembaran-pastel-mtgidx78a6.jpg Jalangkote khas Makassar (Foto : Cookpa)

Banyak orang yang menyebutkan jika kuliner Makassar yang satu ini sangat mirip dengan pastel. Namun ternyata berbeda, perbedaanya terletak di kulit pastel yang lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote.

Saat Ramadhan, jalangkote menjadi salah satu takjil favorit orang di Makassar saat berbuka puasa. Kalau membuat sendiri di rumah, berikut resepnya yang dikutip dari Cookpad.

Jalangkote

Bahan-bahan:

- Secukupnya minyak untuk menggoreng

Bahan Kulit:

- 500 gram tepung terigu

- 4 sdm mentega

- 1 sdm minyak

- 120 ml air

- 1 sdt garam

Bahan Isian:

- 700 gram kentang

- 2 buah wortel ukuran sedang

- 3 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 1,5 sdt garam

- 1 sdt kaldu bubuk

- 1 sdt merica bubuk

- 0,5 sdt gula pasir

- Sedikit air

- Sedikit minyak untuk menumis

Baca Juga : 5 Gaya Marissa Brigitta, Adik Celine Evangelista yang Digoda Suami Thalita Latief

Cara membuat:

- Kupas dan cuci bersih kentang dan wortel. Lalu potong dadu kecil-kecil. Kupas dan cuci bersih duo bawang, lalu cincang

- Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis duo bawang hingga wangi. Lalu masukkan kentang wortel, bumbui dengan garam, gula, kaldu bubuk, merica bubuk, dan tambahkan sedikit air, aduk hingga tercampur rata.

- Tunggu sampai airnya menyusut dan kentang wortelnya empuk, sambil sesekali diaduk. Lalu tes rasa. Jika rasanya sudah pas, aduk terus perlahan sampai airnya benar-benar hilang. Matikan api, dinginkan.

-Sambil menunggu dingin, kita buat kulitnya. Campurkan semua bahan kulit kecuali air, uleni sampai tercampur rata. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.

- Ambil sedikit adonan kulit, pipihkan. Bisa gunakan cetakan atau pipihkan saja adonan kulitnya sebundar mungkin, kasih isian di tengahnya, lalu temukan sisi lingkarannya membentuk setengah lingkaran, tekan tekan sampai rapat, atau sambil dilipat-lipat bagian tepinya.

- Panaskan secukupnya minyak menggunakan api sedang, goreng jalangkote sampai kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini