Pakar Gizi: Tak Ada Hal Baik dalam Gorengan

Antara, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 298 2406711 pakar-gizi-tak-ada-hal-baik-dalam-gorengan-P4x1rUS8WP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GORENGAN, makanan legendaris yang mungkin sering Anda santap bersama dengan nasi ataupun hanya sebagai camilan. Keberadaan gorengan di bulan puasa seakan menjadi kuliner yang tidak bisa lepas, baik sebagai takjil maupun makanan berbuka.

Lantas, bolehkah kita memakan gorengan setiap hari? Memang tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi gorengan. Padahal, gorengan menjadi salah satu penyebab orang mengalami kolesterol.

Pakar gizi klinik dari Universitas Hassanudin sekaligus Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, dr. Tirta Prawita Sari mengatakan sebisa mungkin makanan yang kaya minyak tersebut dihindari.

Gorengan

"Sebaiknya mengurangi makanan gorengan seminimal mungkin. Tidak ada hal baik dalam gorengan, dan tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi gorengan," kata dia.

Namun apabila Anda sangat ingin mengonsumsinya, Tirta yang berpraktik di RS Pondok Indah Pondok Indah itu menyarankan Anda membatasi sesedikit mungkin gorengan saat berbuka.

Ketimbang gorengan, Tirta merekomendasikan kurma atau buah-buahan untuk berbuka puasa. Konsumsi buah potong dan tiga butir kurma adalah cara terbaik dilakukan saat berbuka.

Buah-buah ini tidak perlu dibuat dalam bentuk jus, sementara kurma dapat juga dicampur di dalam oatmeal dan susu almond, menjadi overnight oats. Anda bisa juga menambag kacang-kacangan agar lengkap proteinnya.

Apabila Anda ada waktu, cobalah membuat kue dari oat dengan tambahan kurma untuk memberikan unsur manis, atau tambahan madu atau stevia cair.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini