Studi: Vaksin Novavax Miliki Efikasi 51% Lawan Virus Corona B1351 Afsel

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 481 2406472 studi-vaksin-novavax-miliki-efikasi-51-lawan-virus-corona-b1351-afsel-BOxYizZCTq.jpg Ilustrasi Vaksin Novavax. (Foto: Freepik)

ADA kabar terbaru dari hasil studi terkait kemanjuran Vaksin Novavax. Berdasarkan analisis terbaru yang diterbitkan pada Rabu 5 Mei 2021, vaksin covid-19 buatan Novavax Inc tersebut memiliki efikasi hingga 51 persen dalam melawan infeksi covid-19 yang diakibatkan strain virus corona B1351 asal Afrika Selatan (Afsel).

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/5/2021), lebih detail diungkapkan bahwa vaksin covid-19 Novavax memiliki kemanjuran 51 persen terhadap infeksi yang disebabkan oleh varian Afrika Selatan di antara kelompok orang-orang yang negatif HIV dan 43 persen dalam kelompok yang mencakup orang-orang positif HIV.

Baca juga: Gelar Uji Klinis Vaksin Covid-19, Novavax Masuki Tahap Pemberian Plasebo 

Disebutkan, tujuan utama dari uji klinis ini memang untuk mencari tahu bagaimana Vaksin Novavax bekerja pada orang yang negatif HIV dan positif HIV, serta orang-orang yang secara medis punya kondisi stabil. Dengan cakupan sebanyak 94 persen peserta studi adalah negatif dan 6 persennya positif HIV.

Ilustrasi mutasi virus corona. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

Hasil analisis post-hoc Novavax yang diterbitkan di New England Journal of Medicine ini bersamaan data lengkap dari uji klinis perusahaan di Afrika Selatan yang mencakup hampir 2.700 sukarelawan yang sebelumnya tidak terinfeksi virus corona.

Hasil yang diumumkan pada Januari lalu memperlihatkan ada kemanjuran 60,1 persen terhadap gejala infeksi covid-19 dalam uji klinis di Afrika Selatan. Gelaran pengujian yang mengamati campuran virus corona asli dan varian Afrika Selatan di antara kelompok orang yang negatif HIV. Sementara dari campuran grup peserta studi yang positif HIV dan negatif HIV diperoleh efikasi di angka 49,4 persen.

Baca juga: Kapan Vaksin Novavax Buatan AS Masuk RI? Ini Bocoran Dirut Bio Farma 

Studi yang melibatkan sukarelawan dengan usia rata-rata 32 tahun dengan kasus infeksi ringan dan sedang ini juga menunjukkan bahwa infeksi sebelumnya dengan versi virus sebelumnya tidak mengurangi risiko covid-19 yang disebabkan oleh varian virus Afrika Selatan di antara orang yang mendapat suntikan plasebo.

Namun sayangnya, studi ini tidak menyajikan data perihal kemanjuran Vaksin Novavax dalam mencegah keparahan dan peluang perawatan inap di rumah sakit. Ini merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan kegunaan vaksin itu sendiri.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini