Kenali Komorbid Asma dan Covid-19, Penyakit yang Sebabkan Raditya Oloan Meninggal

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 23:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 481 2406868 kenali-komorbid-asma-dan-covid-19-penyakit-yang-sebabkan-raditya-oloan-meninggal-AYRIxMkoxV.jpeg Joanna dan Raditya. (Foto: Instagram)

KABAR duka cita diungkap oleh Joanna Alexandra, setelah suaminya Raditya Oloan meninggal dunia pasca-Covid-19. Raditya Oloan sendiri, sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Tapi, Joanna menyebut Raditya punya penyakit bawaan yang kambuh akibat tertular Covid-19 yakni komorbid asma. Raditya pun sebelumnyasudah sempat menjelaskan perihal kondisi yang dia alami usai positif Covid-19.

Lalu bagaimana risiko seseorang yang terinfeksi covid-19 dan mempunyai penyakit bawaan asma?

Covid-19 dan asma sama-sama menyerang sistem pernapasan. Oleh karena itu, mengontrol asma yang diderita serta mencegahnya kambuh adalah salah satu langkah antisipasi yang tepat selama masa pandemi covid-19.

Raditya

Seperti dikutip dari laman Statnews, sebuah studi tentang covid-19 menunjukkan bahwa hubungan virus corona dengan penyakit asma jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Lalu para ilmuwan mengidentifikasi kondisi umum di antara pasien covid-19 yang mengalami paling sakit, khususnya terfokus pada kondisi paru-paru, termasuk penderita asma.

Hal ini dapat memungkinkan seseorang yang terpapar covid-19 bisa mengalami peradangan paru-paru yang parah, dan virus lain dapat memicu serangan asma yang berbahaya.

Gayatri Patel, dokter dan ahli alergi serta imunologi di Northwestern University, menjelaskan bahwa penderita asma yang terinfeksi covid-19 lebih berisiko. Kemudian harus segera mendapat perawatan intensif dan steril.

"Pasien covid-19 dengan asma kemungkinan akan lebih buruk," terangnya.

Sementara Sharon Chinthrajah, ahli alergi sekaligus peneliti di Pusat Penelitian Alergi dan Asma Sean N Parker Stanford, menyimpulkan tidak semua penderita asma yang terpapar covid-19 bakal mengalami hal sama.

"Tidak semua penderita asma sama," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini