Pemicu Timbul Jerawat dan Kulit Berminyak, Juga Cara Mengatasinya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 611 2406775 pemicu-timbul-jerawat-dan-kulit-berminyak-juga-cara-mengatasinya-qd375evNkr.jpg Ilustrasi. (Foto: Glowing)

ANDA selalu khawatir bila memiliki kulit sensitif, berminyak dan berjerawat. Bagaimana memilih jenis perawatan dan cara mengatasinya ya?

Diungkapkan Perwakilan Emiley Teresia, sebagian besar kulit masyarakat Indonesia memiliki jenis berminyak. Ini karena Indonesia beriklim tropis dengan kelembaban tinggi sehingga memicu produksi minyak berlebih atau sebum di wajah.

"Bagi sebagian orang, kulit berminyak atau produksi sebum yang berlebihan akan memicu timbulnya jerawat," ujarnya lewat keterangan tertulis.

"Sebum merupakan nutrisi yang baik bagi bakteri jerawat seperti Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes."

mask

Baca Juga: Cantiknya Raline Shah Berhijab Panen Pujian, Netizen: Ngeri, Bidadari Bikin Jatuh Hati

Teresia menuturkan, jika Anda memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat, membutuhkan perawatan khusus yang dapat mengurangi produksi sebum berlebih. Sekaligus untuk mengatasi peradangan (inflamasi) dan iritasi kulit.

Ada banyak produk skincare yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat, tapi tidak semuanya efektif. Teresia pun menyarankan Anda agar rajib memakai clay mask dibarengi dengan moisturizing gel yang aman.

"Ini bisa mengatasi kulit berminyak serta kulit berjerawat agar menjadi sehat kembali, cerah, lembap, dan kenyal," kata Teresia.

Clay mask atau masker yang terbuat dari abu vulkanik ini berfungsi membersihkan kotoran pada pori-pori dan menyerap minyak berlebih dari kulit. Selain itu sifatnya sebagai antiinflamasi untuk menenangkan kulit sensitif, iritasi, berjerawat, dan meredakan stres pada kulit.

Sementara moisturizing gel, lanjut Teresia, adalah pelembap gel-based (tidak menggunakan oil). Tekstur gel-nya yang ringan sangat nyaman dan tidak menyumbat pori-pori kulit, sehingga cocok digunakan oleh tipe kulit berminyak.

“Gel ini membantu melembapkan, menghidrasi kulit, membuat kulit terasa lebih halus dan merawat elastisitas serta membantu regenerasi kulit,” jelas Teresia.

Meskipun berminyak, tegas Teresia, kulit juga butuh dijaga kelembapannya. Karena itu kulit dirawat dengan pelembap yang mengandung Hyaluronic. “Hyaluronic berfungsi untuk menjaga kadar air dalam kulit,” ujar Teresia.

Lebih efektif lagi mencari skincare dengan bahan tambahan ekstrak buah dan bunga alami, seperti chamomile dan sebagainya. Penggunaannya pun bisa dilakukan setiap hari agar hasilnya efektif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini