Cara Memilih Pelembap yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 611 2406777 cara-memilih-pelembap-yang-tepat-sesuai-jenis-kulit-XpTBngBkZs.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Beberapa orang yang memiliki kulit berminyak cenderung tidak menyukainya. Mereka akan melakukan segala cara untuk mengurangi minyak di wajah.

Seperti terlalu sering mencuci wajah, mengelapnya dengan tissue setiap saat, atau bahkan tidak memakai pelembap! Padahal, kulit jenis berminyak pun juga butuh dilembabkan.

Sebaliknya, orang-orang dengan kulit kering menghindari untuk mencuci wajah mereka. Padahal, itu bisa memicu penumpukan kotoran pada kulit wajah. Mereka juga lebih suka menggunakan pelembap.

Ini karena melembabkan kulit Anda setiap hari akan menjaga kesehatan sel-sel kulit Anda dan mencegahnya teriritasi. Pelembap yang tepat untuk jenis kulit Anda dapat membuat kulit Anda lebih lembut, lebih elastis, dan terhidrasi.

Karenanya, dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Pinkvilla pada Kamis (6/5/2021), berikut cara memilih pelembap yang cocok sesuai jenis kulit masing-masing.

Pelembap Berbasis Humektan

Pelembap

Pelembap ini cocok untuk semua jenis kulit. Humektan menarik kelembapan dari udara dan membantu mengikat air di permukaan kulit, sehingga melembapkan kulit.

Pelembap jenis ini ringan dan cepat terserap. Gunakan pelembap dengan bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, madu, lidah buaya, natrium laktat, sorbitol, dan urea, yang semuanya cocok untuk kulit berminyak.

Baca Juga : Cara Mudah Buat Pelembap untuk Cegah Iritasi Akibat Masker

Pelembap Berbasis Emolien

Lipid dan minyak dalam pelembap ini mengisi celah di kulit, menghasilkan penampilan yang halus. pelembap ini juga membantu memperbaiki kulit dan meningkatkan fungsi pelindung.

Cocok untuk jenis kulit kering, normal dan kombinasi, emolien biasanya ditemukan dalam konsistensi krim. Perhatikan bahan-bahan seperti silikon, lanolin, shea butter, squalane, minyak biji anggur, ceramides dan rosehip dalam pelembap untuk kulit berminyak.

Pelembap Berbasis Oklusif

Konsistensi mereka lebih tebal, sehingga lebih cocok untuk jenis kulit kering. Pada dasarnya, mereka adalah penyegel kelembaban, membentuk lapisan hidrofobik pada kulit dan menghalangi penguapan air.

Jadi jika Anda memiliki kulit kering, pilih bahan-bahan seperti minyak zaitun, minyak mineral, lilin lebah, lanolin, parafin, dan petrolatum. Untuk kulit berminyak, turunan silikon seperti dimetikon atau cyclomethicone dapat membantu menghindari sifat berminyak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini