Kisah Sedih Dokter Hamil di India Meninggal Usai Terpapar Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 612 2406408 kisah-sedih-dokter-hamil-di-india-meninggal-usai-terpapar-covid-19-Z1LBF8F4cz.jpg Ilustrasi penanganan pasien covid-19. (Foto: Shutterstock)

SEORANG dokter berusia 25 tahun di India meninggal dunia akibat komplikasi covid-19. Diketahui, dokter yang sedang hamil itu tetap bekerja mengatasi pandemi covid-19 yang semakin menggila di negara tersebut.

Ya, ketika banyak dokter yang akhirnya memilih untuk tetap di rumah akibat lonjakan kasus covid-19 yang sangat tinggi di India, dr Maha Basheer yang tengah hamil 6 bulan memutuskan bekerja sampai titik darah penghabisan menyelamatkan nyawa orang lain.

Baca juga: Tembus 20 Juta Kasus Covid-19 di India, 120 Orang Meninggal per Jam 

Ia memilih tetap melayani dan membantu pasien covid-19 meski mempertaruhkan nyawa dirinya dan bayi yang dikandung.

Catat Angka Kematian Tertinggi, India Kremasi Massal Korban COVID-19

Akibatnya, dr Maha yang sedang hamil 6 bulan terpapar covid-19. Setelah dinyatakan positif, bayi yang dia kandung meninggal dunia. Upaya berikutnya yang dilakukan adalah mengangkat bayi tidak bernyawa itu sesegera mungkin untuk menyelamatkan nyawa dr Maha.

Baca juga: Menkes Ungkap Mutasi Virus Corona India dan Afsel Sudah Masuk Indonesia, Bahayakah? 

Ya, dr Maha masih bisa diselamatkan. Ia langsung dirawat di ICU Indiana Hospital di Mengaluru, Karnataka. Berhasil, dr Maha dinyatakan negatif covid-19 setelah beberapa hari perawatan. Tapi sayang, dia mengalami masalah pernapasan dalam proses pemulihannya.

"Meskipun perawatan terbaik sudah diberikan untuk dr Maha dan bayinya, mereka tak bisa tertolong dan dinyatakan meninggal dunia," laporan pihak rumah sakit tempat dr Maha dirawat, seperti dikutip dari laman Khaleej Times.

Jasad dr Maha dimakamkan di kampung halamannya di Thalassery, Kerala, beberapa waktu lalu.

Dokter Maha sendiri lahir dan dibesarkan di Dubai dan menyelesaikan sekolahnya di Delhi Private School di Sharjah. Ayahnya, Abdul Basheer, adalah seorang pengusaha di Deira.

"Dokter Maha adalah anak yang cerdas. Mimpinya ingin menjadi ahli bedah," cerita pamannya, Nasnas.

Baca juga: Angka Positif Covid-19 Harian India Tembus 400 Ribu, Tertinggi Sepanjang Sejarah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini