4 Manfaat Memancing untuk Kesehatan Fisik, Apa Saja Ya?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 612 2406616 4-manfaat-memancing-untuk-kesehatan-fisik-apa-saja-ya-7o199xDjNS.jpg Ilustrasi memancing ikan. (Foto: Danmir12/Freepik)

SELAMA ini memancing diketahui sebagai hobi, cara untuk melepas penat. Tapi ternyata memancing sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dari fisik hingga mental, manfaat kesehatan dari memancing sangat besar dan bermacam-macam.

Dikutip dari laman Fishingbooker, Kamis (6/5/2021), faktanya memancing adalah salah satu hobi yang menyehatkan. Ada efek dari memancing yang baik untuk tubuh dan pikiran. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Serunya Ngabuburit Sambil Berburu Udang Galah di Sungai Kapuas 

1. Berolahraga

Tetap sehat dan bugar tidaklah mudah. Kehidupan modern berarti makin banyak waktu di depan komputer, dan lebih sedikit beraktivitas fisik. Karena itu, diperkirakan hanya 1 dari 5 orang mencapai waktu olahraga yang disarankan. Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui ketidakaktifan fisik sebagai pembunuh terbesar keempat di dunia. Ini masalah serius.

Memancing mungkin tidak tampak seperti olahraga, tapi itulah keindahannya. Ini adalah latihan kardio yang bisa menjadi aktif atau santai seperti yang diinginkan. Lebih penting lagi, memancing dapat meningkatkan tingkat kebugaran dari nol tanpa terlalu melelahkan tubuh.

Ilustrasi memancing ikan. (Foto: Master1305/Freepik)

2. Membersihkan paru-paru

Polusi udara mengakibatkan banyak efek buruk pada tubuh. Ini dapat menyebabkan banyak hal, mulai masalah pernapasan hingga penyakit jantung.

Memancing membantu membersihkan paru-paru. Menghabiskan waktu di alam bebas memberi tubuh udara bersih dan kaya oksigen. Tambahkan dengan sedikit olahraga, paru-paru akan terasa lebih baik daripada sebelumnya.

Berada di sekitar air sangat baik untuk tubuh. Ini karena air yang bergerak menghasilkan ion negatif, partikel bermuatan kecil yang telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan, meningkatkan metabolisme, dan mengatur pola tidur. Air juga melakukan keajaiban untuk suasana hati.

Baca juga: Lagi Asyik Mancing Ikan, Gadis Ini Malah Dapat Granat 

3. Mendapatkan sinar matahari

Tidak ada yang bisa mengalahkan perasaan saat matahari pagi bersinar ke wajah. Dosis vitamin D yang menghangatkan itu akan membuat wajah tersenyum. Lebih dari itu, hal ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan, dan memungkinkan mencerna kalsium dengan baik, penting untuk tulang dan gigi yang kuat.

Semua mengetahui apa itu vitamin D dan tahu cara mendapatkannya. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menghabiskan cukup banyak waktu di luar ruangan. Cobalah memancing, dan akan menghabiskan waktu lama di ruang terbuka, memberi dosis sinar yang sehat, namun jangan berlebihan.

4. Makanan yang sehat

Salah satu manfaat memancing adalah mendapat ikan. Ikan merupakan makanan sehat. Ikan penuh nutrisi penting. Ada omega 3 yang baik untuk segala hal, mulai dari kesehatan jantung hingga penglihatan. Anda juga akan mendapatkan vitamin B12, penting untuk kesehatan saraf, sel darah, dan DNA. Lalu ada protein, kolesterol baik, dan bahkan dosis tambahan vitamin D.

Tentu saja tidak semua ikan sama. Hasil tangkapan yang paling sehat adalah ikan berminyak seperti mackerel, salmon, dan trout. Walau ikan berminyak adalah yang terbaik, bukan berarti ikan spesies lokal Anda tidak layak dimakan. Semua ikan mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

Baca juga: Pemandu Wisata Tewas Diserang Beruang Seberat 360 Kg Saat Sedang Memancing 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini