Turunkan Klaster Perkantoran, Perlu Ada Lampu Ultraviolet dan Air Purrifier di Kantor

Antara, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 612 2406692 turunkan-klaster-perkantoran-perlu-ada-lampu-ultraviolet-dan-air-purrifier-di-kantor-LrxHnvPBlo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KLASTER perkantoran memang menjadi penyumbang positif Covid-19 yang cukup tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya pengaturan lingkungan sedemikian rupa untuk mengurangi persebaran virus corona Covid-19.

Dokter spesialis paru sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto mengungkapkan, perlu ada kebijakan bekerja dari rumah (WFH) agar lokasi tidak padat atau hanya sekira 50 persen.

Selain itu, ada pemeriksaan suhu dan kuesioner soal gejala Covid-19, aturan tidak menyentuh benda-benda di kantor seperti mesin absensi tanpa menempelkan tangan, pengaturan jumlah orang di dalam lift.

Klaster Kantor

"Ruang rapat atau kerja ada batasan, rapat online, tidak makan bersama saat makan siang karena penularan virus termasuk pada tenaga medis salah satunya saat makan, saat orang-orang membuka masker," kata Agus.

Kemudian, untuk mengurangi potensi penularan airborne di dalam ruangan, sebaiknya optimalisasikan ventilasi dalam ruangan dan hindari resirkulasi udara dalam ruangan. Selain itu, gunakan alat tambahan seperti lampu ultraviolet dan air purrifier dengan kemampuan HEPA-filter.

Tak hanya di kantor atau ruangan, Agus juga merekomendasikan adanya aturan pengurangan jumlah orang di dalam fasilitas umum dan pentingnya Anda memperhatikan protokol kesehatan selama berada di transportasi publik.

"Saat pandemi ini yang penting bagaimana mencegah penularan, melalui prokes 5M. Penularan langsung melalui droplet berjarak 1-2 meter dari orang yang bersin atau batuk tanpa ditutup, atau tidak langsung," katanya.

"Saat menyentuh wajah (mata, hidung dan mulut) tanpa cuci tangan dengan tangan, sementara tangan sebelumnya memegang droplet yang tumpah ke permukaan benda-benda," tutur Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini