Bisa Diambil 15 Hari Sekali, Ini Syarat Ingin Sumbang Plasma Darah

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 612 2406762 bisa-diambil-15-hari-sekali-ini-syarat-ingin-sumbang-plasma-darah-0TATWp5P6z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PLASMA darah memang menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan mereka yang terpapar Covid-19. Dengan jumlah orang yang terkena infeksi Covid-19 belum turun, maka permintaan plasma pasien yang pulih juga meningkat pesat.

Dr Shuchin Bajaj, pendiri dan direktur Ujala Cygnus Group of Hospitals mengatakan, banyak orang masih ragu mendonasikan plasma mereka, lantaran mengira itu mungkin membuat mereka terpapar sekali lagi. Padahal, semua itu hanyalah mitos semata.

“Antibodi yang ada di tubuh Anda dapat membantu seseorang melawan infeksi dan muncul sebagai pemenang. Jika gejala Covid Anda sudah tidak ada selama lebih dari 14 hari, mohon pertimbangkan untuk berdonasi sebagai layanan kemanusiaan,” katanya seperti dilansir dari Indianexpress.

Plasma sendiri adalah bagian cairan bening dalam darah yang tersisa setelah sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan komponen seluler lainnya dikeluarkan. Ini adalah komponen terbesar dalam darah manusia, terdiri dari sekitar 55 persen, dan mengandung air, garam, enzim, antibodi, dan protein lainnya.

Plasma menjalankan berbagai fungsi di dalam tubuh, termasuk membantu menghilangkan pembekuan darah, melawan penyakit, dan fungsi penting lainnya.

Plasma Darah

Siapa pun yang pulih dari Covid dalam tiga-empat bulan terakhir dapat menyumbangkan plasma. Antibodi Anda yang telah melawan virus corona dan telah mengalahkannya lebih dari cukup untuk dibagikan pada orang lain. “Hanya sedikit orang yang tidak bisa mendonasikan plasma karena mereka sudah menerima plasma sendiri selama melawan Covid,” kata Dr Bajaj.

Adapun syarat orang yang tidak boleh menyumbangkan plasma, antara lain:

- Di bawah 18 tahun dan di atas 65

- Berat di bawah 50 kg.

- Pernah hamil dalam hidup Anda.

- Menderita penyakit yang mengancam jiwa seperti gagal ginjal, insulin untuk diabetes, kanker atau Anda baru saja mengganti obat untuk mengendalikan hipertensi, diabetes

- Memiliki tato atau operasi besar dalam enam bulan terakhir

“Memberikan plasma sama sekali tidak menyakitkan dan tidak berbahaya. Tidak ada risiko sama sekali. Anda dapat melakukannya setiap 15 hari, karena biasanya tidak mengeluarkan darah dari tubuh Anda," katanya.

"Sel darah merah disaring dan dimasukkan kembali ke arteri Anda. Yang kami lakukan hanyalah menyaring air dari darah Anda dan air itu disebut plasma,” tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini