Semakin Sederhana Cara Memasak, Semakin Aman dari Kalori

Antara, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 612 2406813 semakin-sederhana-cara-memasak-semakin-aman-dari-kalori-yWuKU350A9.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BULAN puasa memang membuat kita lebih mudah mengendalikan pola makan. Tapi, dalam beberapa kasus yang terjadi malah pola balas dendam, ketika buka malah makan berbagai macam makanan.

Nah, makan tanpa pandang bulu inilah yang malah berbahaya bagi tubuh kita. Apalagi, jika kita menyantap makanan yang dimasak secara menggoreng.

Pakar gizi klinik dari Universitas Hassanudin sekaligus Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, dr. Tirta Prawita Sari mengatakan, sehat atau tidaknya seseorang juga ditentukan oleh cara memasak.

Metode masak yang baik memberikan manfaat kesehatan dari puasa. Misalnya dengan menggorengnya dengan menggunakan airfryer, mengukus, memanggang, atau membuat sup.

Masak

"Semakin sederhana cara pengolahannya, maka semakin baik, karena kita dapat terhindar dari penambahan kalori dari bahan-bahan lainnya," kata Tirta.

Dia mengingatkan, Anda perlu memastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi pada waktu sahur dan berbuka. Anda perlu mengetahui kebutuhan energi total dalam sehari dan komposisi zat gizi makro Anda.

Rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein. Anda perlu memilih jenis lemak yang baik dan mengurangi goreng-gorengan demi membuat tubuh lebih bugar. 

Pastikan sumber karbohidrat berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana, seperti gula dan sirup

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini