Cara Membuat Es pisang ijo, Kuliner Makassar untuk Berbuka Puasa

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 298 2406908 cara-membuat-es-pisang-ijo-kuliner-makassar-untuk-berbuka-puasa-xSHis7cQrm.jpg Es pisang ijo (Foto : Cookpad)

Es pisang ijo, kuliner Makassar tak kalah populer dengan makanan berat yang lainnya saat bulan Ramadhan.

Bahkan Anda bisa menemukan olahan pisang yang dibungkus dengan kulit dadar bewarna hijau ini dengan mudah. Yups, es pisang ijo memang menjadi salah satu takjil yang menjadi primadona untuk berbuka puasa.

Biar tak kangen dengan kampung halaman di Makassar, buat es pisang ijo sendiri yuk. Berikut resepnya yang dirangkum dari Cookpad, Jumat (7/5/2021).

Es Pisang Ijo

Bahan-bahan:

- 7 buah pisang raja matang

Bahan kulit:

- 150 ml Santan kental

- 100 ml Air matang

- 50 gr Tepung Beras

- 50 gr Tepung terigu

- 25 gr Gula pasir

- 1/2 sdt pasta pandan

Bahan saus putih:

- 600 ml santan kental

- 60 gr gula pasir

- 50 gr tepung beras

- 1 lembar daun pandan

- 1/2 sdt garam

Bahan pelengkap:

- Sirup coco pandan merah

- Secukupnya es batu

- Secukupnya kental manis putih

Baca Juga : Enaknya Jalangkote, Takjil Favorit Orang Makassar 'Kembaran' Pastel

Cara membuat:

- Siapkan semua bahan. Kukus pisang sampai pisang cukup lunak, kurang lebih 10 menit. Jangan terlalu lembek.

- Siapkan wadah. Campur jadi satu dengan tepung beras, tepung terigu, gula pasir. Lalu tuang air mineral matang dan susu cair. Aduk rata. Tambahkan pasta pandan dan sedikit garam halus.

- Aduk lagi adonan. Lalu saring. Setelah itu, kukus adonan sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah matang (mengental). Biarkan uap panasnya menghilang lalu uleni (gunakan plastik) sampai kalis.

- Bagi adonan menjadi 7 bagian (sesuai dengan jumlah pisang). Pipihkan adonan diatas plastik, letakkan pisang, gulung, padatkan dan rapihkan sampai menyerupai bentuk pisang. Alasi kukusan dengan daun pisang atau plastik.

- Panaskan kukusan terlebih dahulu lalu kukus selama 10 sampai 15 menitan.

- Cara buat saus putih: Cairkan tepung beras dengan 200 ml santan. Sisihkan. Sedangkan sisa santan yang 400ml dimasak dengan gula pasir dan garam halus sampai mendidih sambil diaduk pelan-pelan. Setelah mendidih, masukkan campuran santan dan tepung beras yang 200 ml tadi. Aduk - aduk sampai mengental.

- Cara penyajian: Potong-potong pisang ijo kukus. Siapkan wadah saji. Tuang saus putih lalu susun pisang ijo yang sudah dipotong-potong tadi. Kemudian siram dengan secukupnya sirup cocopandan merah. Tambahkan sedikit kental manis dan Es Batu/Es Serut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini