Asida, Takjil Khas Maluku yang Jadi Primadona saat Ramadhan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 298 2407266 asida-takjil-khas-maluku-yang-jadi-primadona-saat-ramadhan-KkXokdqIjT.jpg Asida kuliner khas Maluku (Foto : Cookpad)

Sore hari merupakan waktu yang ditunggu-tunggu saat Ramadhan. Pasalnya, orang-orang mulai berburu mencari takjil untuk berbuka sembari ngabuburit.

Mulai dari makanan manis seperti kolak, minuman dingin seperti es buah, sampai membeli kuliner yang spesial hanya ada di bulan Ramadhan!

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki cita rasa kulinernya sendiri, dan beberapa daerah memiliki sajian istimewa yang hanya muncul saat bulan Ramadhan, seperti asida misalnya.

Asida

Makanan tradisional ini hanya bisa ditemukan saat Ramadhan saja. Saat bulan puasa, Anda bisa menemukan makanan ini di daerah Maluku, Kepulauan Maluku, Indonesia.

Asida terbuat dari tepung terigu, gula merah, kapulaga, daun pandan dan kayu manis. Teksturnya kenyal seperti dodol, dan rasanya nggak diragukan lagi, pasti manis!

Berdasarkan sejarah, Asida merupakan makanan yang berasal dari Arab dan dikonsumsi oleh penduduk Afrika Utara. Namun, bagi warga Ambon, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di lidah mereka.

Makanya, asida merupakan makanan favorit yang banyak dikonsumsi saat Ramadhan. Tak hanya itu, Asida juga dilumuri dengan mentega cair yang rasanya gurih.

Baca Juga : Bubur Kanji Rumbi, Takjil Khas Aceh Paling Diburu saat Ramadan

Perpaduan antara manis dan gurih inilah yang membuat asida menjadi santapan yang unik. Bagi Anda yang ingin membuatnya, caranya pun terbilang mudah.

Tinggal masukkan kapulaga yang sudah ditumbuk, kayu manis, daun pandan, gula merah, dan garam. Tuangkan ke panci kecil yang sudah diisi air sebelumnya.

Selanjutnya, panaskan hingga mendidih selama 3-5 menit. Selagi panas, masukkan mentega dan aduk hingga mencair. Dinginkan. Setelah dingin, saring air tersebut dan campurkan dengan terigu. Aduk hingga rata.

Panaskan kuali atau panci, tuang adonan tersebut. Masak dengan api yang kecil. Aduk terus agar adonan tidak gosong sampai teksturnya menjadi kental seperti dodol. Agar memudahkan dalam mengaduk, baiknya gunakan sendok kayu.

Lalu bentuk adonan seperti gunung. Bagian tengahnya dibentuk menyerupai lubang. Kemudian tuangkan mentega cair ke dalam lubang tersebut. Asida pun siap disajikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini