Deretan Makanan yang Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Jum'at 07 Mei 2021 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 298 2407443 deretan-makanan-yang-ampuh-turunkan-kadar-gula-darah-tinggi-wf4tliKfe9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KENAIKAN gula darah memang bisa membuat seseorng terkena diabetes. Tingginya gula darah atau biasa disebut dengan pradiabetes, memang terjadi jika mengonsumi makanan yang tinggi kadar gula.

Bukan hanya makanan, beberapa buah-buahan pun memiliki gula yang tinggi, oleh karena itu Anda harus berhati-hati agar tidak mengonsumsi buah manis terlalu banyak. Tapi, ada juga buah yang mampu untuk mengontrol gula darah.

Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini sejumlah buah-buahan yang bisa mengontrol gula darah. Apa saja?

Gula Darah

Alpukat

Selain lembut dan rasanya lezat, alpukat dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk pengaturan gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, dan menambahkannya ke makanan telah terbukti meningkatkan kadar gula darah.

Sejumlah penelitian telah menemukan, bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi dari perkembangan sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Berries

Sejumlah penelitian mengatakan, asupan berry baik untul meningkatkan kontrol gula darah. Buah beri sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, serta merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Selain itu penelitian menunjukkan, bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat untuk mengontrol gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

Buah jeruk

Salah satu penelitian menunjukkan, bahwa buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk dianggap buah glikemik rendah karena tidak memengaruhi gula darah sebanyak jenis buah lainnya, seperti semangka dan nanas.

Seperti jeruk dan grapefruit mengandung serat, dan memiliki senyawa tanaman seperti naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetik yang kat.

Makan buah jeruk utuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi HbA1c, dan melindungi dari perkembangan diabetes.

Apel

Apel mengandung serat larut dan senyawa tumbuhan, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari diabetes.

Meskipun konsumsi buah total telah terbukti menurunkan risiko diabetes, makan buah-buahan tertentu, termasuk apel, mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini