Ini Besaran Insentif Tenaga Kesehatan yang Tangani Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 481 2407114 ini-besaran-insentif-tenaga-kesehatan-yang-tangani-covid-19-QXJLOlPpSC.jpg Ilustrasi tenaga kesehatan. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

SELAMA masa pandemi covid-19, peran tenaga kesehatan (nakes) menjadi sangat penting. Mereka menjadi garda terdepan yang membantu masyarakat menangani covid-19 di Tanah Air. Alhasil, usaha dan kerja keras ini harus mendapatkan apresiasi yang layak dari pemerintah yakni berupa insentif tenaga kesehatan.

Insentif tenaga kesehatan merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para tenaga kesehatan yang telah berjuang dalam penanganan covid-19. Insentif diberikan kepada tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang memberikan penanganan bagi pasien covid-19.

Baca juga: Kriteria Tenaga Kesehatan yang Dapat Insentif 

Sebagaimana dirangkum dari unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, Jumat (7/5/2021), insentif akan dikirim langsung ke rekening tenaga kesehatan untuk meminimalisasi kekhawatiran adanya potongan ataupun pungutan liar.

Kemenkes juga akan melakukan pengecekan secara acak kepada para tenaga kesehatan penerima insentif. Berikut daftar nakes beserta besaran insentif yang diterima. Yuk disimak.

1. Dokter spesialis Rp15 juta per bulan

2. Peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS) Rp12,5 juta per bulan

3. Dokter dan dokter gigi Rp10 juta per bulan

4. Perawat dan bidan Rp7,5 juta per bulan

5. Tenaga kesehatan lainnya Rp5 juta per bulan

Insentif tenaga kesehatan. (Foto: Instagram @kemenkes_ri)

Baca juga: Waspada Kejahatan Siber Berkedok Vaksinasi Covid-19 

Tenaga kesehatan yang bertugas tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, namun juga daerah yang mana pembayarannya diperuntukkan bagi rumah sakit pemda, puskesmas, dan labkesda.

Berbagai perbaikan dalam mekanisme penyaluran insentif terus dilakukan agar tenaga kesehatan segera mendapatkan haknya.

Per 26 April, total insentif tenaga kesehatan Kementerian Kesehatan yang telah disetujui untuk dibayarkan sebesar Rp584,5 miliar yang ditujukan untuk membayar tunggakan insentif 2020, insentif 2021, dan santunan kematian bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan covid-19.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini