Mitos atau Fakta, Asma Menular ke Orang Lain?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 481 2407116 mitos-atau-fakta-asma-menular-ke-orang-lain-oHxWx5cOAw.jpg Penyakit asma (Foto: Hackensack meridian health)

Penyakit asma masih banyak dialami masyarakat Indonesia. Para penderita bahkan kerap mendapatkan intimidasi, salah satunya dianggap berbahaya karena penyakitnya menular.

Tapi, apakah benar asma dapat menular ke orang lain?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Arto Yuwono Soeroto, SpPD, menegaskan bahwa pernyataan asma dapat menular itu mitos alias keliru besar. "Asma tidak menular ke orang lain," katanya dalam webinar Kemenkes terkait Hari Asma Sedunia 2021, Jumat (7/5/2021).

 asma

Menurutnya, kesalahpahaman ini masih berkembang di masyarakat dan sudah sepatutnya dihentikan kepercayaan sesat tersebut.

Asma tidak menular, katanya, namun memang beberapa infeksi virus seperti salesma dan flu dapat menyebabkan timbulnya serangan pada penyandang asma.

"Pada anak-anak, asma sering kali terkait dengan alergi, namun asma yang mulai terjadi pada usia dewasa umumnya kurang bersifat alergi," terangnya.

Lebih lanjut, Prof Bambang Supriyatno, Sp.A(K), menyatakan bahwa asma tidak menular, tetapi gejalanya bisa seperti batuk atau flunya. "Tapi, kalau asmanya itu sendiri, ya enggak menular," ujarnya.

Ia berharap sekali dengan informasi ini masyarakat tidak ada lagi yang mengucilkan anak-anak pengidap asma. Sebab, masih banyak ditemukan anak dengan asma dijauhi teman-temannya karena orangtua meyakini asma dapat menular.

"Sekali lagi saya katakan bahwa asma tidak menular dan saya berharap sekali tidak ada lagi anak-anak pengidap asma yang dikucilkan atau dijauhi teman sebayanya," tambah Prof Bambang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini