Bolehkah Penderita Asma Berolahraga?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 481 2407146 bolehkah-penderita-asma-berolahraga-UmwZcmO7sQ.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Penderita asma dianggap orang paling lemah karena capek sedikit, sesak napasnya bisa kumat. Persepsi semacam ini sudah seharusnya diubah karena penderita asma boleh berolahraga, bahkan menjadi atlet.

Ya, entah dari mana anggapan penderita asma tidak boleh berolahraga. Padahal, faktanya boleh-boleh saja asalkan serangan asma tidak sedang muncul.

Jogging

"Jika asmanya terkendali dengan baik, penderita asma bahkan dianjurkan berolahraga. Untuk jadi atlet pun bisa," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Arto Yuwono Soeroto, SpPD, dalam keterangan pers virtual, Jumat (7/5/2021).

Ia mencontohkan David Beckham. Pemain sepak bola yang sangat terkenal itu diketahui penderita asma dan kemampuan berolahraganya tidak usah diragukan lagi.

"Jadi, anggapan bahwa penderita asma itu enggak bisa apa-apa, itu mitos banget! Kalau sampai dipercaya dan akhirnya takut buat berolahraga, ya, itu artinya dia termakan mitos yang salah dan merugikan diri sendiri. Padahal, olahraga buat penderita asma, ya, boleh banget," kata dr Arto.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Asma Menular ke Orang Lain?

Ditambahkan Prof Bambang Supriyatno, Sp.A(K), namun mesti dicatat bahwa ada kondisi penderita asma memang tak boleh berolahraga yaitu saat asmanya sedang kambuh atau serangannya lagi kumat.

"Kalau lagi serangan asma, ya, sudah pasti dilarang untuk berolahraga karena akan mempersulit jalannya napas. Tapi, kalau memang lagi kondisi sehat dan asmanya terkontrol, olahraga, ya, harus sebagai upaya memperkuat tubuh juga," tambah Prof Bambang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini