Dokter: Makan Daging Unta atau Kelelawar Bisa Sembuhkan Asma Itu Hoaks!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 481 2407158 dokter-makan-daging-unta-atau-kelelawar-bisa-sembuhkan-asma-itu-hoaks-ff9A4n95m5.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Kepercayaan masyarakat mengenai jenis makanan tertentu dapat mengobati bahkan sampai menyembuhkan asma masih sering beredar. Salah satunya adalah konsumsi daging atau hati unta bahkan daging kelelawar dipercaya bisa sembuhkan penderita asma.

Padahal, ditegaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Arto Yuwono Soeroto, SpPD, kepercayaan itu salah besar. "Makan daging unta atau kelelawar bisa sembuhkan asma itu hoaks," ungkapnya dalam keterangan virtual, Jumat (7/5/2021).

Tidak hanya dua hewan itu yang dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan asma, dr Arto bahkan masih mendengar ada orang yang percaya makan tikus putih atau anak tikus bisa sembuhkan asma juga.

sesak napas

Pernyataan tersebut pun sangat keliru. "Obat-obatan dan tata laksana penanganan asma saat ini sudah modern sekali dan memudahkan penderita untuk dapat menjalani hidup secara berkualitas, tapi masih ada saja yang kemakan mitos," keluhnya.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Asma Menular ke Orang Lain?

Dia mengungkapkan, padahal dengan obat-obatan yang sudah tersedia lebih mudah didapat dibandingkan misalnya harus makan daging atau hati unta yang dikirim dari luar negeri atau makan daging kelelawar.

"Daging kelelawar itu membawa banyak virus, sebut saja SARS-CoV1 dan SARS-CoV2 itu ada di dalam daging kelelawar. Jadi, ya, ngapain masih percaya dengan mitos semacam ini. Masyarakat harus terus diedukasi dan diharapkan semakin meninggalkan mitos-mitos mengenai asma yang masih dipercaya," tambahnya.

Perlu diketahui, asma sendiri adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total. Artinya, penyakit ini sifatnya serupa dengan diabetes atau hipertensi.

"Jadi, penderita asma tetap bisa mendapatkan hidup yang berkualitas asal asma yang dia miliki terkontrol dan ini sangat bisa dilakukan, bukan hal yang mustahil asal disiplin dan mendengarkan saran dokternya. Penderita asma tetap bisa memiliki kehidupan yang berkualitas tanpa harus merasa berbeda," ungkap dr Arto.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini