Jangan Cuma Jakarta dan Sekitar, Sentra Vaksinasi Perlu Diperluas

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 481 2407324 jangan-cuma-jakarta-dan-sekitar-sentra-vaksinasi-perlu-diperluas-41xAk7lTIZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 untuk seluruh warga Indonesia sebanyak 40.349.051 orang. Untuk mencapai target ini, pemerintah mendirikan sentra vaksinasi Covid-19 di banyak lokasi.

Dituturkan Juru Bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, mal sangat cocok dijadikan sentra vaksinasi Covid-19 sejauh ini. Mal memiliki akses yang mudah untuk masyarakat, ruang vaksinasi luas, begitu juga dengan lahan parkir yang tersedia nyaman untuk calon penerima vaksin.

vaksin

"Saya rasa itu sangat baik dengan apa yang telah dilakukan dalam membantu Pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi ini,” ungkapnya.

Nadia berujar, Kementerian Kesehatan akan terus bekerja sama dengan stakeholder untuk menjangkau sasaran kepada masyarakat umum. “Kami pun berharap sentra-sentra vaksinasi ini tidak hanya akan dilaksanakan di Jakarta saja. Karena kita akan lakukan terus sampai dengan sasaran masyarakat umum,” ujar Nadia.

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan, sentra vaksinasi di ruang publik seperti mal bisa membantu percepatan vaksinasi. "Sejak awal pemerintah membuka kesempatan keterlibatan pihak swasta mendukung program percepatan vaksinasi.”

Lokasi sentra vaksinasi di mal bahkan tersebar di Jabodetabek, Serang, Manado, Jambi, Kupang, Yogyakarta, Palembang dan Denpasar.

Sementara itu, data Kemenkes menyebut, sasaran vaksinasi Covid-19 dibagi dalam dua tahap. Pertama tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 1.468.764 dan tahap kedua kepada petugas pelayanan publik 17.327.169 orang, serta 21.553.118 lansia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini