Kenali 5 Tanda Rambut Anda Mengalami Kerontokan Akut

Antara, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 611 2407329 kenali-5-tanda-rambut-anda-mengalami-kerontokan-akut-2cfU0pN4ee.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT rontok memang kondisi yang wajar terjadi. Banyak hal yang memengaruhi terjadinya rambut rontok seseorang, entah secara genetika atau stres dan asupan makanan.

Rata-rata, orang kehilangan sekitar 20 persen rambutnya, meskipun terkadang lebih dari 30 persen, bahkan sebelum mereka menyadari bahwa rambutnya sudah menipis.

Tapi, ada beberapa tanda kerontokan rambut berlebih yang terlihat jelas, serta beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kerontokan rambut sebelum kerontokan menjadi semakin parah.

Kunciran rambut menjadi lebih tipis

"Jika ikatan rambut di sekitar kunciran menjadi lebih banyak daripada sebelumnya, itu bisa jadi penanda termudah bahwa rambut telah mengalami penipisan," kata Gretchen Friese, ahli trikologi bersertifikat untuk BosleyMD seperti dikutip dari Realsimple.

Selain itu, Anda mungkin juga bisa membedakannya dengan merasakan kunciran di tangan menjadi lebih kecil dari biasanya.

Rambut Rontok

Belahan rambut melebar

Cobalah untuk memperhatikan belahan rambut Anda, baik belah tengah ataupun pinggir. Jika terlihat ada lebih banyak kulit kepala daripada biasanya, itu bisa menjadi pertanda rambut rontok. Untuk memastikannya, Anda bisa secara rutin mengambil foto belahan rambut sehingga dapat membandingkannya dari waktu ke waktu. Setel alarm di ponsel sebagai pengingat.

Garis rambut semakin surut

Wanita cenderung mengalami garis rambut surut dibandingkan dengan pria, karena pada umumnya wanita mengalami penipisan rambut secara keseluruhan. Namun, garis rambut yang surut pada kaum wanita bukan tidak mungkin, dan itu juga dapat terjadi karena sesuatu yang disebut "traction alopecia".

Ini adalah jenis rambut rontok yang disebabkan oleh kuncir kuda yang ketat, sanggul, kepang, atau bahkan ekstensi rambut yang terlalu berat.

Volume rambut mengempis

Jika melihat volume rambut menjadi lebih sedikit dari biasanya (bukan karena Anda tidak mengenakan hair spray) ini bisa menjadi tanda rambut telah mengalami kerontokan yang berlebihan. Hanya Anda yang tahu ketebalan dan volume rambut biasanya, jadi carilah perubahan kecil yang terlihat.

Jumlah rambut rontok di sisir meningkat

Sama seperti makhuk hidup lainnya, rambutpun memiliki siklus melalui dua fase, yaitu fase pertumbuhan (anagen) dan istirahat (telogen).

"Mayoritas folikel rambut kita biasanya berada dalam fase anagen. Namun, jika ada ketidakseimbangan, misalnya stres, bisa terjadi pergeseran ke fase telogen,” jelas Sunitha Posina, MD, internis bersertifikat di New York City.

Jika terdapat lebih banyak rambut rontok di lantai, sisir, hingga di saluran pembuangan kamar mandi, bisa jadi kerontokan yang dialami sudah cukup parah dan akan menjadi masalah bila terus berlanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini