Ini Dia Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalimantan yang Ramai Dibahas di Medsos

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 298 2407708 ini-dia-bipang-ambawang-makanan-khas-kalimantan-yang-ramai-dibahas-di-medsos-K5YDxpuuBZ.jpg Bipang ambawang makanan khas Kalimantan. (Foto: Ist)

MAKANAN bipang ambawang sedang ramai dibicarakan di linimasa media sosial. Jika belum tahu, ini adalah makanan khas Kalimantan berupa babi panggang.

Cara mengolahnya tidak sembarangan. Bipang ambawang dibuat dari babi kampung muda berusia 3 sampai 5 bulan yang dipanggang. Satu ekor babi tersebut memiliki berat 10 sampai 20 kilogram.

Baca juga: Buka Puasa dengan Hidangan Manis, 5 Kuliner Tradisional Ini Patut Dicoba 

Seperti dirangkum MNC Portal, Sabtu (8/5/2021), cara membuat bipang ambawang dengan dipanggang menggunakan arang yang membara. Setelah diolah, babi panggang ini memiliki tekstur kulit garing, sedikit lemak, dan daging yang lembut.

Bipang ambawang makanan khas Kalimantan. (Foto: Ist)

Bumbu yang digunakan juga spesial, karena diracik khusus untuk bipang ambawang. Penyajian bersama dengan cocolan sambal antuha yang terbuat dari cabai dan terasi pilihan. Selain itu, ada pula cocolan kit iu yang terasa seperti saus asam manis.

Baca juga: Lezatnya Sie Reuboh, Hidangan Daging Sapi Rebus Khas Kuliner Aceh 

Kuliner ini merupakan salah satu sajian babi panggang khas dari Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini