Meski Pandemi, Ini Alasan Anak Wajib Diimunisasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 481 2407788 meski-pandemi-ini-alasan-anak-wajib-diimunisasi-b6mRfUYUKw.jpg Anak wajib diimunisasi (Foto: Inst)

Memang pandemi Covid-19 membuat masyarakat menjadi takut dan enggan terlalu lama beraktivitas di luar rumah. Meski terhalang akibat pandemi Covid-19, tapi pemberian imunisasi pada anak tetap penting dan harus diutamakan untuk menjamin kesehatannya.

Apalagi imunisasi memiliki banyak sekali manfaatnya, terutama pada anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, para ibu jangan takut mengajak bayi dan anaknya untuk imunisasi asalkan mematuhi protokol kesehatan ketat.

 imunisasi

Merangkum dari laman Instagram Kementerian Kesehatan (kemenkes) @kemenkes_ri, Rabu (28/4/2021) menyambut Pekan Imunisasi Dunia 2021, Kemenkes menjelaskan empat alasan mengapa anak-anak wajib diimunisasi.

1. Sebanyak 2-3 juta kematian dapat dicegah setiap tahun dengan imunisasi.

2. Imunisasi dapat mencegah lebih dari 26 penyakit.

3. Membantu membatasi atau mengurangi terjadinya resistensi antibiotik karena dapat mencegah penyakit pada tahap awal.

4. Meningkatkan cakupan imunisasi secara global dapat menyelamatkan lebih dari 1,5 juta orang setiap tahunnya.

Alasan anak-anak perlu diimunisasi pun diperkuat dengan sejumlah manfaat yang dihasilkan. Ada tiga manfaat penting imunisasi pada anak-anak, diantaranya:

1. Proteksi spesifik individu.

2. Membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

3. Proteksi lintas kelompok.

Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk bersatu menyehatkan negeri dengan mau diimunisasi. Lindungi diri dan keluarga, serta lingkungan sekitar dari penyakit berbahaya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini