Benarkah Tradisi Mudik Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 612 2407683 benarkah-tradisi-mudik-sudah-ada-sejak-zaman-majapahit-UV3BQvvkyf.jpg Ilustrasi mudik Lebaran. (Foto: Okezone)

SETIAP tahun menjelang Idul Fitri atau Lebaran, masyarakat berbondong-bondong pergi ke kampung halaman guna menjalin silaturahmi di hari raya nan suci. Tradisi ini disebut dengan istilah mudik atau bermakna pulang kampung. Aktivitas rutin ini terutama dilakukan para perantau, karena tentunya ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman bersama sanak saudara.

Dilaksanakan hampir setiap tahun, sebenarnya tahukah Anda bagaimana sejarah mudik itu sendiri?

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran, Ini Bahaya Super Spreader Covid-19 

Sejarawan JJ Rizal mengatakan, kata 'mudik' berasal dari 'udik' yang artinya 'desa atau kampung'. Mereka yang berada di tempat jauh akan kembali ke kampung halamannya pada waktu-waktu tertentu.

"Jadi orang yang pergi jauh, merantau, akan kembali ke kampung halamannya. Entah untuk tradisi Lebaran atau keperluan lainnya," jelas JJ Rizal ketika dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Mudik. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Akan tetapi, mengenai sejarah awal mula berlangsungnya mudik, JJ Rizal sendiri tidak bisa memastikan kapan terjadinya. Ia mengungkapkan, hingga kini belum ada data rujukan atau literatur yang menyatakan waktu pasti dimulainya tradisi mudik.

"Sampai sekarang belum ada buku, rujukan, mengenai sejarah mudik itu. Sama halnya dengan waktunya yang disebut sudah berlangsung lama, berabad-abad, belum diketahui juga," terang dia.

Baca juga: Masyarakat Dilarang Mudik, Ini Syaratnya jika Terpaksa Bepergian 

Kemudian ketika ditanya adanya penjelasan tradisi mudik sudah berlangsung sejak zaman Kerajaan Majapahit di abad 1293–1500 masehi? Ia langsung menjelaskan kebenarannya.

"Penelitian mengenai itu belum ada. Saya sendiri tidak tahu ya. Ini butuh penelitian yang serius, tidak bisa menerka-nerka, supaya bisa memberikan pengetahuan yang benar ke masyarakat," tegasnya.

Seperti diketahui, tradisi mudik ini memang sudah kental menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Hadirnya Idul Fitri atau Lebaran dijadikan momen berkumpul bersama keluarga yang berada di kampung halaman.

Oleh karena itu, fakta-fakta mengenai mudik ini pada dasarnya wajib diketahui setiap orang agar memperjelas maksud dan tujuan kegiatannya. Demikian juga dengan sejarah aslinya patut dipahami secara mendalam.

Baca juga: Ini Moda Transportasi yang Boleh Melintas di Masa Larangan Mudik 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini