Tips Bijak Kelola THR Lebaran, Langsung Bayar Zakat Ya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 09 Mei 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 612 2407734 tips-bijak-kelola-thr-lebaran-langsung-bayar-zakat-ya-uBVzGC7N7Q.jpg Ilustrasi uang THR Lebaran. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

SUDAH dapat tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri? Ayo kelola uang tersebut sebijak mungkin, karena kalau tidak hanya akan terbuang sia-sia dan keperluan prioritas malah bisa terlupakan akibat kalap dengan keinginan yang besar.

Certified financial planner Metta Anggraini mengatakan bulan puasa ini adalah momentum yang baik untuk mengontrol diri. Bukan hanya hawa nafsu, tetapi juga soal uang yang dimiliki, termasuk pengeluarannya.

"Datangnya THR itu tentu harus disikapi dengan bijaksana agar uang tersebut bisa bermanfaat untuk keperluan yang benar-benar berarti bagi Anda," jelas dia, seperti dilansir laman Solopos.

Secara lebih detail Metta menjabarkan ada lima tips mengatur uang THR yang bijak tanpa bikin pusing.

Baca juga: Buka Puasa dengan Hidangan Manis, 5 Kuliner Tradisional Ini Patut Dicoba 

1. Dahulukan kewajiban

Jika Anda punya tanggungan yang wajib dibayar dan harus dilunasi, maka keluarkan dana THR ke situ. Ini tentu akan sedikit meringankan beban finansial yang selama ini mengganggu.

Ilustrasi THR. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

2. Langsung bayar zakat

Di bulan Ramadhan ini, jangan sampai lupa membayar zakat fitrah, bersedekah, dan berinfak. Pastikan uang THR dialokasikan ke ibadah ini. "Sisihkan 10 persen untuk memperbanyak amalan infaq dan sedekah," imbaunya.

Untuk zakat fitrah, Anda dapat membayarnya melalui penyalur zakat jika dirasa sulit dilakukan mandiri di rumah.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Berat Badan Naik saat Bulan Puasa 

3. Sisihkan untuk membeli hantaran

Sudah menjadi tradisi juga di Indonesia bahwa ada yang namanya hantaran. Ini adalah momen yang baik untuk mengikat silaturahmi dengan sanak saudara yang susah ketemu akibat pandemi covid-19.

Soal hantaran, Metta menyarankan untuk pilih yang isinya sesuai dengan budget Anda dan kesukaan penerima. Jangan terlalu memaksakan jika Anda sampai harus menggunakan dana darurat untuk tetap memberikan hampers yang bagus supaya penerimanya senang.

4. Buat perencanaan pengeluaran hari raya

Belanja menuju Lebaran itu sudah seperti keharusan bagi sebagian orang dan uang THR biasanya akan banyak dialokasikan ke sana. Nah, sebelum berbelanja, pastikan Anda sudah membuat daftar belanja kebutuhan yang diperlukan.

"Dengan begitu, Anda dapat melihat mana barang yang benar-benar diperlukan, mana yang belum menjadi prioritas. Pertimbangkan juga barang yang dibeli bisa dapat terus digunakan setelah bulan Ramadan usai agar lebih bermanfaat," paparnya.

Ia menambahkan, usahakan rencana belanja disesuaikan dengan promo belanja daring untuk memaksimalkan penggunaan dana. Selain itu, pastikan untuk berbelanja melalui satu platform untuk dapat memantau semua transaksi yang sudah dilakukan agar tidak kalap.

Baca juga: Wajib Tahu, Protokol Kesehatan saat Sholat Tarawih di Masjid 

5. Menabung dan berinvestasi

Uang THR harus disisihkan juga untuk ditabung atau diinvestasikan. "Situasi pandemi ini tentunya mengajarkan kita semua untuk dapat lebih bijaksana dalam menabung dan menyisihkan dana darurat untuk berbagai keperluan tidak terduga," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini