Disebut Presiden Jokowi, Ini Bipang Ambawang Kuliner Kalimantan yang Viral

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 09 Mei 2021 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 298 2407961 disebut-presiden-jokowi-ini-bipang-ambawang-kuliner-kalimantan-yang-viral-d1zqxhZdPf.jpg Bipang Ambawang khas Kalimantan Barat (Foto : Instagram/@bipangambawang)

Pidato Presiden Jokowi yang mempromosikan kuliner Nusantara masih menjadi topik hangat hingga akhir pekan ini. Salah satunya yang disebut oleh Presiden Jokowi adalah bipang Ambawang.

Bipang Ambawang adalah makanan khas Kalimantan Barat. Bipang sendiri lebih dikenal oleh masyarakat setempat sebagai singkatan babi panggang.

Bipang

Baca Juga : Baca Juga : Aura Seksi Vicky Zainal Berbalut Bikini, Netizen: Gak Ada Obatnya Ini Sih

Kuliner khas Ambawang yang satu ini tentunya dikonsumsi oleh masyarakat di daerah tersebut yang mayoritas non-muslim. Dikutip dari video Instagram @temenin makan menjelaskan, bahwa bipang Ambawang merupakan kuliner paling laris dan viral. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmatinya.

"Bipang Ambawang yang terkenal banget. Di sini yang terkenal, yaitu ada babi panggang yang satu ekor gitu guys. Jadi di sini aku mau pesan bareng teman-teman buat makan. Nah, jadi di sini ada babi panggangnya yang crispy banget nih ini khas Ambawang dan ini wangi buanget," katanya.

Di sisi lain, Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman mengunggah sebuah makanan bernama bipang. Makanan ini nampak seperti jajanan ringan yang biasa dijual di pasar, atau warung-warung kecil.

Dalam akun Twitternya @fadjroeL ia mengatakan, bipang adalah jajanan khas dulu, di setiap daerah penyebutannya pun berbeda-bedan, namun terdengar serupa.

"BIPANG adalah NAMA GENERIK makanan jaman dulu khas Kalimantan (Bepang), Sulawesi (Bepang) & Jawa (Jipang). Dikampungku Kalimantan Selatan, contohnya Bipang AA produksi Bahrul Ilmi (Desa Pingaran Ilir, Kec. Astambul, Kab. Banjar Martapura," tulis Fadjroel.

Bipang

Sementara itu di daerah lain seperti Sumatera dan Jawa Barat, makanan tersebut disebut dengan tenteng. Rasanya manis, gurih, teksturnya juga cukup renyah. Bipang/jipang/tenteng ini terbuat dari beras ketan putih, dicampur dengan gula, garam dan bahan-bahan lainnya.

Biasanya jajanan ini sangat mudah ditemui di pasaran, misal di warung-warung sembako hingga dijual bebas di berbagai macam e-commerce atau toko online lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini