Berapa Uang THR yang Pas untuk Anak?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 612 2408129 berapa-uang-thr-yang-pas-untuk-anak-ucg7jl4O7F.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Anda berniat memberikan uang THR ke anak di Lebaran 2021? Supaya ideal, maka pertimbangan Psikolog Anak Karina Istifarisny ini bisa jadi panduan Anda.

Psikolog Karina sejatinya tak mempersoalkan jika orangtua mau memberikan THR ke anak. Tapi, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan supaya apa yang Anda berikan itu tidak kemudian dimaknai sebagai sesuatu yang berlebihan untuk si anak.

THR

"THR lebaran itu biasanya kami sebut dengan reward," ungkap Karina pada MNC Portal Indonesia, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : 5 Ide Hampers Lebaran Kekinian, Cara Aman Silaturahmi saat Idul Fitri

Bagi Karina, tidak ada salahnya orangtua memberikan hadiah ke anak saat Lebaran. Terlebih, ketika hadiah itu dimaksudkan sebagai bentuk motivasi agar si anak mau melakukan puasa, misalnya, lebih baik lagi tahun depan.

"Bagi keluarga Muslim, ngasih THR ada baiknya diberikan penjelasan; 'Ini dek, ibu atau bapak ada hadiah buat kamu karena udah ikutan puasa walau belum penuh' misalnya begitu," paparnya.

Karina menerangkan, bagi anak-anak di bawah 10 tahun yang belum ada kewajiban berpuasa penuh, hadiah ini menjadi penyemangat mereka agar tahun depan bisa puasa dengan jumlah hari lebih banyak lagi.

Terkait dengan hadiah apa yang sebaiknya diberikan, Karina menjawab, baik uang maupun barang, tujuannya sama yaitu sebagai hadiah. Jadi, tidak ada masalah mau kasih apa.

Namun, menjadi catatan penting untuk orangtua yang anaknya lebih dari satu. "Kalau si kakak dapat benda, si adik pun harus benda. Kalau mau membedakan besarannya, itu boleh-boleh saja, asal bentuknya sama. Ini penting supaya tidak muncul kecemburuan pada si anak," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini