Ini Dia Deretan Sayuran yang Baik Dijadikan Smoothie

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 298 2408585 ini-dia-deretan-sayuran-yang-baik-dijadikan-smoothie-Ka325Vvx5L.jpg Ilustrasi smoothie sayuran. (Foto: Marijana1/Pixabay)

SMOOTHIE adalah minuman sehat yang digemari banyak orang. Minuman sejenis jus ini bisa berasal dari buah atau sayur-sayuran. Nah untuk sayuran, ada beberapa jenis yang baik dijadikan smoothie.

Cara membuat smoothie juga praktis, maka itu disukai banyak orang yang cocok dengan pola hidup sehat saat ini.

Umumnya sayuran yang dijadikan smoothie adalah bayam karena kaya nutrisi. Tapi nyatanya ada banyak sayuran lain yang memiliki kandungan sama baiknya.

Berikut deretan sayuran selain bayam yang memiliki banyak nutrisi untuk dibuat menjadi smoothie, sebagaimana dilansir laman Six Pack Fitness.

Baca juga: Rekomendasi Smoothies Kopi yang Sehat dan Bikin Ngiler, Perlu Kamu Coba! 

1. Brokoli

Brokoli bisa menjadi penyeimbang rasa pada campuran smoothies buah-buahan manis. Nutrisi yang dimilikinya adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Minuman sehat smoothie.

2. Seledri

Seledri adalah pilihan terbaik untuk dijadikan smoothies karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya dapat melancarkan pencernaan, menyeimbangkan basa tubuh, dan membantu menenangkan sistem saraf.

3. Kale

Kale dengan daunnya yang keriting dipenuhi banyak nutrisi penting seperti kalium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan lainnya. Potong-potong daun ini lalu haluskan untuk dijadikan smoothies.

Baca juga: Slurp..Wanita Ini Nyaris Telan Serpihan Kaca saat Minum Smoothie, Ngeri! 

4. Paterseli

Paterseli tidak hanya digunakan untuk garnish. Bisa juga dijadikan smoothies karena bernutrisi dengan kandungan vitamin C, vitamin K, dan antioksidan. Paterseli memiliki aroma menyengat, jadi pastikan tidak menggunakannya dalam jumlah banyak.

5. Bok choy

Jangan hanya menumis sayur satu ini, jadikanlah smoothies. Samarkan rasa pahitnya dengan menambahkan buah-buahan. Satu cangkir bok choy hanya mengandung 9 kalori, dan tinggi protein, serat, vitamin C, dan vitamin K.

Baca juga: Telur Bisa untuk Turunkan Berat Badan, tapi Hindari Kesalahan Ini 

6. Swiss chard

Sayur ini memiliki beragam warna pada batangnya. Tekstur daunnya lembut dan sedikit memiliki rasa asin. Cocok untuk digabungkan dengan buah-buahan sebagai penambah rasa. Swiss chard mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, dan lainnya.

7. Arugula

Selain sering dijadikan salad, arugula bisa juga dinikmati dengan menjadikannya smoothies. Gantilah sesekali smoothie bayam dengan arugula karena nutrisinya tidak kalah bagus. Di antaranya ada kalsium, serat, protein, dan beta kareoten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini