Enggak Cuma Hangatkan Tubuh, Ini Deretan Khasiat Air Jahe untuk Kesehatan

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 298 2408598 enggak-cuma-hangatkan-tubuh-ini-deretan-khasiat-air-jahe-untuk-kesehatan-g0fFmwazRl.jpg Ilustrasi air jahe. (Foto: Jcomp/Freepik)

AIR jahe adalah salah satu minuman sehat favorit masyarakat Indonesia. Terlebih lagi saat musim hujan, air jahe terasa sangat menghangatkan tubuh. Tapi selain itu, ternyata air jahe banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Jahe sendiri merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe memiliki rasa dominan pedas karena senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku zingiberaceae.

Jika mengonsumsi air jahe secara teratur dapat memperlancar pencernaan, menambah kekebalan tubuh, mengobati flu dan infeksi, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Baca juga: Keracunan Makanan, Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Sebagai Pertolongan Pertama 

Sangat mudah membuat air jahe. Anda cukup memotong jahe menjadi irisan tipis dan merebusnya di air panas selama 15 menit. Setelah dingin, bisa ditambahkan jus lemon.

Minumlah segelas air jahe di pagi hari dan segelas lagi sebelum makan malam. Nikmati banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini deretan manfaatnya, sebagaimana dilaporkan laman Times of India.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dikarenakan jahe memiliki sifat antibakteri yang sangat baik, minum air jahe bisa menjadi cara yang sangat mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan. Ini tidak hanya membantu melawan banyak infeksi, tetapi juga melindungi dari banyak penyakit kronis. Air jahe juga bisa mengurangi peradangan atau membantu meredakan sakit tenggorokan.

Air jahe. (Foto: NDTV)

2. Menurunkan berat badan

Air jahe adalah ramuan ajaib yang dapat membantu menurunkan berat badan. Ini merangsang pembakaran lemak di tubuh. Dengan demikian, memberikan cara alami untuk mencapai berat badan ideal. Air jahe bagus untuk membakar lemak dari beberapa area tersulit untuk menurunkan berat badan seperti perut, lengan, pinggul, serta paha.

3. Memiliki sifat anti-inflamasi

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Dengan demikian, air jahe bisa bermanfaat dalam banyak hal. Ini dapat membantu mengurangi nyeri otot dan juga memberikan kenyamanan dari nyeri sendi. Efek ini tidak langsung tetapi berlangsung selama beberapa hari. Dengan demikian, efek anti-inflamasi air jahe dapat membantu mengurangi gejala osteoartritis.

Baca juga: Khasiat Jahe Bantu Jaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 

4. Menurunkan kolesterol

Orang dengan masalah jantung dianjurkan mengonsumsi jahe. Telah ditemukan dalam sebuah penelitian tahun 2014 bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Kadar LDL yang tinggi atau kolesterol jahat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Jadi, air jahe dapat membantu dalam mengontrol kadar kolesterol tersebut dan selanjutnya mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Melawan flu

Jahe secara tradisional telah digunakan dalam berbagai budaya berkat manfaatnya. Minum air jahe dapat membantu melindungi dari flu dan pilek. Pasalnya, jahe memiliki khasiat ekspektoran yang membantu meredakan hidung tersumbat dan tenggorokan. Minum air jahe akan mengeringkan lendir yang berlebihan dan merangsang pembuangannya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini