Suka Makan Semangka, Ini 4 Kebaikan yang Bisa Didapat

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 298 2408696 suka-makan-semangka-ini-4-kebaikan-yang-bisa-didapat-5BPuvocFZz.jpg Buah semangka. (Foto: Stevepb/Pixabay)

BUAH lezat yang cukup banyak digemari banyak orang adalah semangka. Selain enak, semangka juga mengandung banyak air dan manis rasanya, bikin ketagihan memakannya.

Semangka berasal dari tanaman merambat. Semangka masih satu kerabat dengan labu-labuan, melon, dan mentimun. Semangka biasa dimakan buahnya begitu saja atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci.

Baca juga: Deretan Makanan yang Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi 

Semangka yang tinggi kandungan air terasa sangat menyegarkan dan mampu menghidrasi tubuh ketika dikonsumsi.

Selain kandungan air yang tinggi, semangka juga tinggi vitamin C, vitamin A, serta banyak senyawa tanaman sehat lainnya yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Buah semangka. (Foto: Benefits)

Di antaranya ada kalium, magnesium, karotenoid, likopen, hingga cucurbitacin E atau senyawa tanaman yang mempunyai efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Melalui kandungan sebanyak tersebut, semangka mempunyai banyak manfaat untuk tubuh manusia. Apa saja? Berikut rinciannya, sebagaimana dilaporkan laman Healthline.

Baca juga: 6 Buah untuk Kesehatan Kulit, Sering Konsumsi Yuk 

1. Baik untuk kulit dan rambut

Dua vitamin dalam semangka yakni A dan C penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh membuat kolagen, protein yang membuat kulit kenyal dan rambut kuat. Kemudian vitamin A penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup , kulit bisa terlihat kering dan bersisik.

2. Mencegah kanker

Manfaat mengejutkan pertama dari buah semangka adalah dapat membantu mencegah kanker. Menurut sejumlah penelitian, hal ini lantaran kandungan likopen pada semangka yang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker. Selain itu, kandungan cucurbitacin E juga telah diteliti kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

3. Meningkatkan kesehatan di sistem pencernaan

Seperti dijelaskan sebelumnya, semangka mengandung banyak air dan sedikit serat. Dua hal ini penting untuk kesehatan pencernaan, sebab serat sendiri dapat memberikan curah pada tinja Anda, sementara air membantu saluran pencernaan bergerak secara efisien.

Oleh karena itu, memakan buah-buahan dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, bisa sangat membantu untuk mendorong pergerakan usus yang normal.

Baca juga: Makan Buah Ceri Ternyata Bisa Atasi Radang Sendi hingga Tingkatkan Kualitas Tidur 

4. Tingkatkan kesehatan jantung

Tidak hanya kanker, buah semangka rupanya juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang berkontribusi pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

Alasan lainnya, semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Nitrit oksida membantu pembuluh darah Anda berkembang yang menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral lain dalam semangka juga baik untuk jantung. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium, dan kalium.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini